Minggu, 13 November 2011

yang kecil tapi berkesan sampai kini :)

0

Entah kenapa tiba-tiba terpikir tentang kata-kata "how to make money" yang sering dilontarkan salah seorang dosen saya ketika semester empat lalu. Padahal saya sendiri nggak begitu "sreg" dengan dosen ini, tapi yaah, anggep aja saya lagi ngelantur karena tiba-tiba inget apa yang beliau bicarakan.

Omong-omong masalah "make money", saya jadi inget beberapa pengalaman saya
buat dapetin duit. Ya memang saya belum bekerja, lulus kuliah aja belom. Tapi, yang perlu diingat adalah, biar dapet uang, nggak selalu kamu harus bekerja di kantoran. Serius ngadepin laptop berjam-jam, atau banyak lagi gambaran lain yang muncul kalo kamu denger kata-kata "cari uang". Saya sendiri bukan tipe orang yang suka bikin business plan buat berwirausaha. At least sampai saat ini, saya masih ngerasa yang begituan itu, nggak saya banget.

Cuma sekedar pengen berbagi cerita dan bernostalgia dengan diri saya sendiri, apa aja yang sudah pernah saya lakuin buat dapetin duit. Hehehe,,

>>> jaman SMP
Jaman SMP ini bisa dibilang jaman di mana saya menemukan "dunia" yang cocok dan saya sukai. Waktu SMP juga saya mulai kenal yang namanya dunia organisasi, kesibukan, redaksional, dan banyak hal lain yang ternyata memang menjadi ketertarikan saya dan berlanjut hingga saat ini.
Saya pernah menjadi salah seorang anggota redaksi majalah sekolah. Otomatis, setiap bulan, saya wajib yang namanya setor naskah. Entah itu naskah bakal dimasukin atau nggak, yang penting saya harus setor ke pimred. Dan ternyata naskah saya lumayan sering dimasukin edisi setiap bulannya. Beberapa saat setelah saya bergabung dengan redaksi itu, pembina majalah sekolah ngadain kebijakan baru yang isinya, semua pengirim naskah yang dimuat di majalah sekolah, bakal dapet honor.
Tentu jangan dibayangin honor di sini yang besarnya puluhan ribu atau ratusan ribu lah yaa.
Dari kebijakan itu, akhirnya saya lebih semangat lagi untuk setor naskah. Lebih semangat lagi buat bikin naskah sendiri, nulis sendiri. Waktu itu saya belum punya komputer, jadi naskah yang saya setor-in itu pake tulisan tangan. Heehehe. Tapi syukurlah, ada aja tulisan saya yang dimuat. Sejak adanya kebijakan itu juga murid-murid non redaksi juga banyak yang kirim naskah. Saingan semakin banyak, tapi saya tetep senang. Soalnya pada dasarnya saya memang suka nulis.
Saya masih ingat betapa saya senang waktu nerima gaji pertama. Cuma Rp 7.500. Tapi rasanya seneeeng banget, walaupun buat jajan beberapa hari juga habis. Tapi nggak tahu kenapa, rasanya seneng dapat sesuatu dari apa yang kita kerjakan sendiri :)


>>>Jaman SMA
Naaah, jaman SMA ini agak elit dikit lah, pengalaman dapet duitnya. Alkisah waktu itu pelajaran ekonomi. Pelajaran yang saya suka, tapi nggak membuat saya pengen dan berniat masuk jurusan IPS. Tapi ternyata jalan hidup membuat saya berkuliah di fakultas Ekonomi.. :D
Ups, sedikit melenceng dari kalimat awal ya. hehe. Balik lagi ke pelajaran ekonomi. Waktu itu, guru ekonomi saya ngasih tugas ke murid-muridnya, disuruh jualan. Akhirnya satu kelas pun dibagi jadi beberapa kelompok. Kelompok saya pertama kebingungan mau jualan apa. Sampai kami mutusin buat jualan pisang goreng yang divariasi pake susu, meses, dan sebagainya.
Dimulailah kegiatan jualan itu dengan beli bahan baku, masak di rumah temen, percobaan. Beberapa hari kemudian, produk dijual ke pasar (sekolah, Red.). Di luar dugaan, dagangan kami ini lumayan laris manis lhoo. Saya lupa jualan ini berlangsung berapa hari. Yang jelas, saya teteeeep ngerasa seneng waktu pembagian duit. Di dalem amplop, uang senilai Rp 27.000 nangkring dengan manis.
Memang nggak banyak, tapi nominal bukan syarat utama penentu rasa senang :)


>>>Jaman Kuliah 1
Ceritanya saat itu saya sedang patah hati. Hehehe. Baru putus. Dan apalagi pelampiasan saya kalo nggak nulis. Saya bercerita. Saya berbagi. Saya menguatkan diri sendiri melalui apa yang saya tulis. Sedikit banyak, diksi dan permainan kata membuat saya bisa mengalihkan pikiran dan perasaan. Dari sana akhirnya notes di fb saya semakin bertambah setiap harinya. Dalam jangka waktu nggak sampe setengah tahun, notes saya udah menembus angka 100. Dan ternyata banyak orang yang suka sama tulisan-tulisan di notes saya. Saya punya banyak beberapa kenalan baru dari sana. Mulai temen seumuran, penulis novel, sampe temen SMP yang ternyata sekampus sama saya.
Dan seperti biasa, saya punya banyak sahabat dan mereka-mereka yang mendukung hobi nulis saya. Terutama seorang sahabat saya sejak SMA, nggak bosen-bosennya dia ngobrak-ngobrak saya buat ngirimin cerpen ke Ja*aPo*. Pertama memang saya nggak pede sama sekali. Takut nggak dimuat lah, nggak sempet lah. Tapi akhirnya toh saya memberanikan diri juga buat ngirim cerpen ke sana.
Alhamdulillah, sekitar satu bulan kemudian, cerpen saya dimuat dengan manis di tanggal 12 April 2010.. Dari sini juga saya dapet uang lagi.. honor yang lumayan buat satu cerpen, bisa buat beli baju baru.. :)


>>>Jaman Kuliah 2
Beberapa waktu yang lalu, belum terlalu lama juga sih, saya iseng-iseng nyoba jadi freelancer. Iya, freelance apalagi kalo bukan freelance nulis. Ini jadi latihan kerja buat saya. Walaupun skala kecil, tapi saya belajar buat kena deadline, tugas, dan hal-hal semacamnya lah.
Kerjaan saya jadi review-er sepeda, khususnya sepeda fixie. Freelance ini juga jadi tantangan buat saya yang notabene cuma suka ngeliatin fixie yang warna-warni, untuk bisa bikin macam-macam ulasannya sesuai order. Saya belajar banyak hal. Mulai sejarah fixie, komponen-komponennya, sampai event-event yang digelar berkaitan sama fixie.
Dan kesenangan ketika saya dapet gaji pun juga agak berbeda. Saya ngerasa kerja yang sedikit serius kali ini. Soalnya saya bener-bener berorientasi cari uang dari menjadi seorang freelancer, bukan sekedar iseng-iseng berhadiah kirim naskah, trus sapa tau dapet uang. :)




Yak, itulah beberapa pengalaman saya dalam mencari uang. Hehehe. Ada yang iseng-iseng, ada juga yang niat bener-bener. Tapi yang penting, dari kesemuanya itu saya dapet pelajaran.

Salah satunya adalah, cari uang melalui sesuatu yang kita senangi, rasanya jauh lebih memuaskan. Dan menyenangkan. Jadi jangan nyerah untuk ngegali potensi dan bakat kamu. Saya sih punya dua hal penting mengenai pekerjaan apa yang saya punya nantinya.

Pekerjaan yang sesuai sama pendidikan saya..

dan yang ke dua

Pekerjaan yang sesuai sama mimpi saya..  :)

0 komentar:

Posting Komentar