Senin, 25 Februari 2013

Sempu part 3: Kembali Pulang

0

Pagi di hari ke tiga, hari di mana kita harus pulang. Kita bangun pagi-pagi, berkemas, bersiap-siap. Beberapa orang mulai bongkarin tenda, sementara yang lain masak buat sarapan. Mie instan, lagi-lagi mie instan. Tapi kita bersyukur, soalnya, jatah sarapan ini ternyata lebih banyak dari sehari sebelumnya. Salah perkiraan, haha, tapi masa bodo, yang penting perut ini bisa keisi. Selama di Segara Anakan, baru pas makan pagi itu aku ngerasa kenyang. Hari ini aku semangat banget, aku sudah bertekad untuk nggak nyusahin temen-temen yang lain kayak pas berangkatnya. Di benakku cuma ada orang-orang rumah, pengen banget cepet-cepet ketemu mereka.

Sebelum pulang, kita meninggalkan beberapa benda di sini. Aku ninggalin kaos sama sepatu yang udah nggak berbentuk lagi. Itsna ninggalin kaosnya, sementara mbuli ninggalin jaketnya. Berasa orang kaya deh selama di sini. Berat dikit, buang, kotor, buang, hahahaha. Tapi ya gimana lagi, emang harusnya kayak gitu. Kita pamitan juga sama bapak porter yang ngejagain bocah-bocah di tenda sebelah, kita kasih cemilan juga. Sebagai gantinya, tuh bapak kita maintain tolong buat fotoin kita untuk yang terakhir kalinya di Segara Anakan ini. Pengalaman yang tidak terlupakan bisa berada di sini.

Akhirnya kita berjalan menuju tebing pulang. Belum beberapa jauh jalan, kita ketemu rombongan yang baru nyampe. Wiwid sama Riza yang udah ada di depan pada ngobrol duluan sama mereka. Usut punya usut, ternyata mereka juga bernasib sama kayak kita, alias sempet nginep di tengah hutan. Kitapun meneruskan perjalanan. Kali ini rasanya lebih cepet. Mungkin karena faktor sepatu sewaan juga sih, bikin kita lebih bisa beradaptasi sama keadaan tanah yang licin, becek, dan berlumpur. Emang nyewa sepatu ini adalah keputusan yang sangat tepat.

Di perjalanan, beberapa kali kita berhenti buat istirahat dan minum. Tapi minumnya nggak boleh banyak-banyak, cuma satu atau dua teguk aja. Kalau istiahat pun usahakan jangan sampe duduk di tanah, karena bakalan susah buat bangun lagi nantinya. Beberapa menit berlalu, kita lalu sampai di pohon besar tempat kita nginep sehari yang lalu. Kita ngerasa amaze banget, karena nggak nyangka, kalo tempat kita ber-11 istirahat tuh kecil dan nggak nyaman banget. Aku jadi penasaran, kayak gimana sih pose kita pas tidur di sini, kok ya bisa cukup orang 11.

Nggak pengen membuang waktu, kita ngelanjutin perjalanan. Di tengah perjalanan, kita ketemu sama mas-mas yang ditemenin sama pemandu. Satu orang aja, men. Buset dah. Beberapa kali kita istirahat dan minum. Nggak kerasa, minum udah hampir habis dan kita jadi eman banget sama airnya, berusaha buat nggak minum. Sekitar beberapa puluh meter mendekati tepi pantai tempat kita turun dari perahu dua hari yang lalu, sinyal di hp mulai timbul. Akhirnya anak-anak nyuruh aku telpon pak perahu, biar jemput kita. Nggak lupa pesenan air beberapa botol. Haus banget. Setelah kita ngelihat pohon tumbang di mana kita shock karena “70 meter”, makin semangat buat segera sampe bibir pantai. Wuaaah, nggak kebayang rasanya bisa keluar dari hutan macam itu.

Akhirnya kita semua duduk-duduk di tepi pantai sambil nungguin perahu nomor 15 dateng. Luar biasa, perjalanan yang waktu berangkat memakan waktu sekitar 9 jam, ternyata berakhir dengan manis, cuma 2,5 jam kita selesaikan di perjalanan pulang. Luar biasa! Ini bener-bener jadi pelajaran buat kita, jangan pernah ke Sempu kalo musim hujan. Bahaya. Sembari nunggu perahu, Hendra ngiderin handycam-nya buat ngerekam pesan dan kesan kita tentang petualangan selama 3 hari 2 malem ini. Macem-macem deh kesannya :D

Selang beberapa menit, bapak porter dan bocah-bocah itu muncul. Ternyata mereka juga pulang hari ini. Seperti kemarin, bapak porter itu dikacangin sama mereka dan akhirnya malah ngobrol-ngobrol sama kita. Nggak lama kemudian, perahu kita akhirnya muncul juga! Seneng banget deh! Kitapun pamitan sama bapak porter dan bocah-bocah. Di perahu sudah ada suguhan paling nikmat, AIR! Langsung lah kita serbu itu air botolan, minum sebanyak-banyaknya. Kerasa banget nikmatnya air waktu itu, kan selama di Sempu kita dehidrasi parah.

Sesampainya di Sendang Biru, kita bersyukur banget. Dan, yang jadi jujukan utama adalah, kamar mandi! Ini badan udah lengket semua rasanya kena air laut. Maklum, selama di Segara Anakan kita ngapa-ngapain ya pake air laut. Cuci muka, cuci piring, wudhu juga pake air laut. Kitapun bagi tugas, ada yang ngebalikin sepatu plus ngelapor ke pos penjaga kalo kita udah pada balik dari hutan, ada juga yang bersih diri alias mandi keramas dan segala macam. Setelah selesai mandi dan sholat, kita nungguin elf jemputan dateng. Karena udah nggak tahan, aku ngajak bunda sama itsna buat makan di warung. Perutku udah nggak kemasukan nasi hampir 2 hari.

Sekitar jam 1 siang, elf pun dateng. Kita segera siap-siap pulang. Tapi tiba-tiba, kita dikasi tau bapak-bapak sama ibu-ibu yang jaga kamar mandi, kalo ada anak cowok yang nggak bisa pulang gara-gara uangnya habis. Karena kasian, akhirnya kita nebengin dia. Ternyata dia anak UGM. Kok bisa kehabisan duit? Diapun cerita. Cowok ini penasaran sama yang namanya Sempu dan Tanya sama temennya. Temennya bilang kalo Sempu itu di Surabaya (sesat banget temennya). Akhirnya dia pergi ke Surabaya. Pas udah di terminal, dia Tanya orang, Sempu itu di mana, dan akhirnya dia tau kalo Sempu itu di Malang. Bukannya balik, dia malah nekad pergi. Dia ke sini naik angkot lho. Emang sih ada angkot yang ke Sendang Biru, tapi itu juaraaaang banget. Makanya, orang-orang di sana tadi nyaranin tuh cowok nebeng kita, soalnya bakal runyam kalo dia nunggu ada angkot yang ke sana lagi. Kita cerita-cerita gitu lah selama di elf.

Sebelum bener-bener melaju ke Surabaya, kita mampir ke Alfamart buat beli minum, makanan, sama sedikit cemilan. Mbeliin cowok itu juga, kasian men, dia belum makan, duitnya bener-bener ludes. Pertamanya dia ga mau, sungkan katanya. Tapi, setelah kita paksa dan ancem kalo dia ga mau dia bakal kita turunin di situ, akhirnya dia mau juga makan roti sama minum air.

Di perjalanan pulan, anak-anak masih sempet-sempetnya ngejahilin bunda, nyembunyiin handphone-nya. Bunda udah pasrah kalo hpnya ilang. Dia bahkan udah telpon ibunya. Yah, tapi ternyata mambol yang nyembunyiin, usil banget. Waktu udah deket kota dan ngelihat ada ATM, cowok itu pamitan minta turun. Kebersamaan kami berakhir sampe di situ. Cowok itu turun dan ngelanjutin perjalanannya lagi. Kita cuma bisa doain biar dia selamat sampe tujuan, dan nggak kehabisan uang.

Kita nyampe Surabaya sekitar habis maghrib. Kembali ke kampus. Kampus sepi, soalnya hari minggu. Untung juga sih, pas hari Minggu. Kalo nggak hari Minggu kita bisa dikirain gembel mungkin ya. Hahaha.
Menjejakkan kaki di Surabaya lagi, bersyukur banget. Setelah nungguin Umsi, Sarah, dan Redha yang dijemput, aku dan temen-temen yang lain, yang pada nitip motor di kosnya wiwid, segera menuju TKP. Kita jalan beriringan, dengan penampilan yang udah nggak banget. Ada yang bawa kompor portable, penggorengan juga. Serasa pandangan orang-orang di jalan pada ngelihatin kita. Tapi yah, cuek aja deh ya.
Akhirnya, dari kosan wiwid, perjalanan dilanjutkan ke tujuan masing-masing. Aku sama itsna pulang ke rumah, anak-anak ada yang pergi cari makan. Sepanjang perjalanan, itsna mikir, gimana mau jelasin baju yang belepotan semua nggak karu-karuan.

Banyak hal yang bisa diambil dari perjalanan kali ini. Kita yang emang udah deket karena 2 tahun jadi pengurus hima, malah ngerasa semakin deket banget setelah melalui perjalanan di Sempu. Kita jadi semakin tau sifat masing-masing, makin care satu sama lain. Dalam waktu 3 hari 2 malem, kita jadi berasa kayak keluarga yang udah kenal bertahun-tahun. Makasi banget buat kalian yang udah berusaha sabar ngadepin aku yang nangis di sana. Maaf ya.. Makasi juga buat bunda yang akhirnya nyemplung dalam petualangan konyol karena kita paksa buat ikut.

Dari perjalanan ini, kita udah jadi keluarga. Semoga Tuhan mengekalkan persaudaraan kita semua, ya. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya! :D

0 komentar:

Posting Komentar