Rabu, 24 Juni 2015

Satu Di Antara Seribu

0

Tadi malam, acara kantor mengharuskan aku pulang lebih malam dari biasanya. Malas naik mikrolet,  akupun pilih naik bajaj. Dan pas banget sama bajaj nya bapak2 yang aku inget banget pernah naik bajaj nya bapak ini.. :)

Jadi pada suatu hari pulang kantor, aku berencana ke suatu mall dekat kosan. Karena udah agak malem, aku mutusin naik bajaj. Semua berjalan biasa saja, mulai dari nawar harga, sampai pada akhirnya naik bajaj, dan sampai di tempat tujuan. Ketika tiba waktuku untuk membayar, terjadilah percakapan sebagai berikut:

Aku: *ngasih 20ribu*
Bapak bajaj: kemahalan nggak, neng?
Aku: kenapa, pak?? *ngga percaya sama yang aku denger barusan*
Bapak bajaj: kemahalan nggak? Kalo kemahalan, 15ribu aja, neng...
Aku: oh enggak paaak.. makasih ya pak... *turun bajaj dengan perasaan campur aduk*

Masih ada lho ternyata bapak bajaj yang kayak begitu, dari sekian bajaj yang pernah aku naiki selama di ibukota, baru Bapak itu yang takut kalau bayarannya kemahalan. Ketika bajaj yang lain berlomba ngemahalin tarif, Bapak ini malah mau ngurangin bayaran yang udah disepakati karena takut kemahalan. Gimana nggak kayak diguyur air es di siang hari lah hati ini rasanya... :"""

Masya Allah... :"""

Dari Bapak ini kita bisa belajar, betapa takut beliau rejekinya jadi nggak barokah hanya karena penumpangnya ngerasa tarifnya kemahalan (terus jadi nggerundel dan nggak ikhlas ngasih bayarnya). Padahal bayarnya nggak seberapa, kan. Tapi dari jumlah yang sekecil itu aja beliau takut jika ada bagian dari rejekinya nggak barokah. Lalu apa kabar dengan kita yang gajinya bisa jauh lebih dari itu? Takutkah kita jika ada bagian darinya yang nggak barokah?

Lalu tadi malam, aku kembali naik bajaj beliau. Sampai kosan, aku bayar. Lalu dialog itu kembali terulang. Tapi dengan panggilan yang berbeda..

Bapak bajaj: kemahalan nggak, nduk?
Aku: *pasti gara2 ngomong puter "B"alik, bapaknya tau aku orang jawa nih* , oh nggak pak.. makasih pak..

Masya Allah.. :)
Semoga kita senantiasa bisa belajar dari hidup dan kehidupan. Semoga Allah SWT jadikan setiap sen rejeki kita barokah. Dan semoga setiap langkah para pencari nafkah bernilai ibadah, ridhoNYA mengiring indah.. aamiin :)

0 komentar:

Posting Komentar