Selasa, 01 April 2014

Short Trip to Bogor :D

0

Hai haaaii! Happy long weekend (untuk ke sekian kalinya)! Awal-awal tahun ini banyak banget long weekend. Di mana-mana, yang namanya libur pasti menyenangkan, walau mungkin cuma dihabiskan dengan istirahat seharian di kamar kosan. Nah, long weekend kali ini, akhirnya aku bisa liburan juga keluar dari Jakarta, pergi sejenak dari rutinitas. Destinasi yang dipilih adalah kota Bogor. Awalnya sih nggak ada rencana apapun buat liburan ini, tapi karena ada temen baik yang dateng dari Surabaya, dan dia bilang mau ke rumah saudaranya di Bogor, aku langsung excited! Hehehe. Yang pertama muncul di kepalaku adalah Kebun Raya Bogor. Excited banget, apalagi udah lama nggak mbolang yang jauh.

Jadilah aku ngajakin 2 orang lagi untuk jadi partner membolang kali ini. Total cuma ada 4 orang yang berangkat naik kereta dari Jakarta. Ada aku, Yoga, mbak Nisa, dan Nia alias Cece.

Sabtu pagi kami memulai perjalanan dengan cara ketemuan di pedagang mie ayam di deket shelter Tosari. Waktu aku nyampe di sana, si Yoga udah selesai makan. Aku sms deh Cece, tanya dia udah nyampe mana, ternyata udah deket dan dia malah minta dipesenin mie ayam juga. Alhasil kami ngobrol-ngobrol dulu di situ, secara udah lama nggak ketemuan, sambil nungguin Cece selesai makan. Selesai makan, kami langsung cabut ke Stasiun Sudirman. FYI, dari kami berempat, nggak ada yang pernah ke Bogor, jadi ini adalah murni mbolang.

Sampai stasiun yang ternyata jaraknya deket banget, jalan kaki nggak nyampe 15 menit kayaknya, kita langsung beli tiket. Awalnya Cece mau pake kartu Flazz-nya, kirain bisa buat berempat, eh ternyata nggak bisa. Yaudalah akhirnya dia malah ikutan beli tiket biasa. Setelah itu, masuklah kami ke stasiun. Celingukan, aku nanya kereta kita yang jalur berapa ya, kenapa tadi nggak nanya sekalian? Hahaha. Sempet bingung tapi untungnya ada papan petunjuk di jalur seberangnya. Ternyata yang arah Bogor ada di jalur seberang, jadi kamu mesti naik untuk nyeberang ke jalur untuk Kereta yang ke Bogor. Mas-mas penjaga loket tadi bilang keretanya bakal dateng jam setengah 9, tapi nyatanya jam 8.15 keretanya udah dateng. Nah kalo kayak gini ini kesalahan yang bikin happy, karena datengnya lebih cepet dari perkiraan. Udah ngebayangin bakal penuh banget keretanya, soalnya kan awal long weekend yang mungkin orang-orang pada mulai liburan atau pulkam. Tapi ternyata nggak rame-rame amat, sih. Awalnya emang kami harus berdiri, tapi beberapa menit kemudian, ada dua orang yang turun, jadinya kami bisa duduk dengan tenang. Kecuali si Yoga, karena dia selalu terlalu lambat ngambil duduk kalau ada orang yang turun. Dasar, baik banget dia emang.

Di perjalanan, as usual aku suka ngeliatin sekitar. Entah itu ngeliat ke luar jendela, ngeliat perilaku orang-orang di dalem kereta juga suka. Ada satu kejadian menarik, sih. Jadi, orang sebelahku kan awalnya cowok, pake celana robek-robek, dan seingetku juga bertato. Pokoknya masuk definisi cowok serem versiku, lah. Sementara itu, di sebelah dan sebelahnya lagi itu cowok biasa aja, yaa bisa tergolong cowok-cowok yang rapi gitu. Terus waktu berhenti di salah satu stasiun (aku lupa stasiun mana), ada ibu-ibu yang naik. Karena nggak ada tempat duduk kosong, ibu itu berdiri. Dan jeng jeeeeng, coba tebak siapa yang akhirnya menawarkan tempat duduk??! Dialah cowok yang aku anggap serem tadi. Sedangkan cowok-cowok rapi tadi malah nggak peduli, nggak ada yang inisiatif ngasih tempat duduk buat ibu itu tadi. Haahaa, never judge a book by its cover, ya memang :)

Beberapa menit perjalanan berlalu, mbak Nisa mulai memperlihatkan tanda-tanda ngantuk. Padahal, malemnya, dia udah tidur duluan sekitar jam setengah 9an. Dan sepagi itu dia udah ngantuk lagi, hahaha, super sekali! Akhirnya, karena perjalanan juga kayaknya masih jauh, masih banyak stasiun yang harus ditempuh, diapun tidur. Jujur aja aku juga ngantuk, dan kalau di perjalanan tuh hampir selalu aku ngerasa ngantuk dan pengen tidur. Tapi, demi mbolang pertama ini, aku nggak tidur.

Sekitar jam setengah 10, kami sampai di Bogor. And the first thing we did was.. Foto-foto! Padahal masi di stasiun aja udah foto-foto. Hehe. Nggakpapa lah yaa, namanya juga pertama kali ke Bogor. Setelah foto beberapa kali, kamipun nyari jalan keluar stasiun. Satu hal yang aku sadari waktu pertama menapakkan kaki di Bogor adalah, ternyata Bogor lumayan panas juga. Aku kirain Bogor itu selalu mendung, kan julukannya kota Hujan. Tapi nggakpapa lah, berarti doaku dikabulkan, soalnya, malemnya, aku berdoa biar Sabtu nanti cerah. Jadi enak kalau mau jalan-jalan.

Sampai pintu keluar stasiun, kami segera disambut dengan pemandangan hijau. Bukan, bukan pohon, tapi angkot. Ternyata sejenis sama Jakarta ya, angkot di sini warnanya hijau semua, yang ngebedain ya angkanya. Hampir sama kayak di Malang juga, warnanya biru semua, tapi yang ngebedain huruf-hurufnya. Agak susah sih ya, aku lebih suka angkot yang warna-warni gitu, biar lebih gampang ngebedainnya, kayak di Surabaya. Berbekal informasi yang aku himpun dari para blogger, Cece yang udah tanya-tanya ke temennya, kamipun langsung menuju angkot 02. Tujuan pertama adalah ke Kebun Raya Bogor. Tapi, kami tetep nanya dulu sebelum naik angkot, ke Kebun Raya atau nggak, kan takutnya nyasar. Setelah nannya dan emang itu ke Kebun Raya, naiklah kami. Pertama bingung, di sini angkot bayarnya berapaan. Berunding sejenak, yaudahlah kasih 3000 aja.

Nggak sampai 15 menit, sampailah kami di Kebun Raya Bogor. Waah.. banyak turisnya juga ternyata. Kamipun foto-foto dulu di depan. Sejak dari sini, Yoga kami nobatkan jadi baby sitter sekaligus fotografer. Huahaha. Dia cowok sendiri di antara kami berempat. Ya bisa ditebak lah kemana nasibnya akan mengalir.. :p



Lagi asik foto-foto, kok ada yang manggil aku. Lhadalah ketemua temen SMA! Ada si Phe juga yang ke Bogor. Aku sempet liat dia update twitter mau ke Bogor, sih. Tapi nggak nyangka  kalau dia bakal ke Kebun Raya juga. Hahaha. Salaman lah aku sama Phe, cipika cipiki (udah kayak nggak ketemua bertahun-tahun gitu gayanya :p). Ada Thirza juga, Thirza ini temen SMP dulu, syukurlah masih inget sama aku :D

Beberapa menit ngobrol-ngobrol, kembalilah kami ke rombongan masing-masing. Aku balik ke mbak Nisa, Yoga, sama Cece. Phe dan Thirza pun kembali bersama rombongannya. Kami berempat ngelanjutin perjalanan menuju loket tiket. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor (mulai sekarang kita singkat jadi KRB aja ya? Iya pokoknya) 14000 aja, sementara di dalem itu banyak banget isinya. Ada museum ini itu, rumah anggrek, dan lain sebagainya.

Pertama masuk.. Disambut sama pemandangan pohon di mana-mana, dan itu segeeer bangeeet! Apalagi yang biasa di Jakarta dengan segala hiruk pikuknya, pemandangan besi, gedung, dan mall di mana-mana. Rasanya mata bener-bener adem. Walau matahari bersinar terik, tetep aja rasanya fresh banget ada di situ. Tempat yang pertama kami masuki adalah museum zoologi. Sesuai namanya, di situ tempatnya berbagai macam hewan dipajang. Ada yang replika, ada yang asli, ada yang utuh, ada juga yang cuma kerangka. Yang paling bikin aku tertarik di sini adalah kerangka paus biru. Waaah, gedeeee banget.. Langsung berasa jadi pinokio yang sempet masuk ke perut ikan paus! Hehe.



Keluar dari museum zoologi, kamu melanjutkan perjalanan. Tanpa tujuan yang jelas, pokoknya ya pengen muter-muter aja di dalam KRB ini. Jalan dan terus berjalan, sampailah kami berempat di taman Teijsman. Tamannya mungil, tapi bagus. Di bagian samping tamannya ada kayak terowongan yang atapnya dari tanaman gitu, lucu deh. Teduh banget juga, jadilah kita istirahat sejenak di situ sambil ngeluarin beberapa bekal. Waktu itu, di tengah taman, ada keluarga yang lagi santai, KB banget, anaknya ada 2 masih kecil-kecil. Salah satu anaknya itu hepi banget mainan bola plastik. Mbak Nisa pun bilang, "Bahagia banget ya anak itu..". Aku nyahutin pula "Iya, pasti belum mikirin ribetnya hidup..". Lalu hening, mungkin kami tenggelam dengan ingatan masa kecil masing-masing..

Setelah makan cemilan, kami lanjut lagi perjalanan. Jalaan aja terus pokoknya, menikmati rimbunnya pohon, bunga di sana-sini. Jarang-jarang dapet pemandangan kayak gitu. Jalan terus, eh tiba-tiba ada spot foto bagus. Sampailah kami berempat di bagian yang kelihatan Istana Bogor nya. Bagus banget buat foto-foto. Kelar mengambil beberapa pose, lanjut jalan lagi. Sebenernya ini kaki udah capek gitu, tapi belum nemu tempat yang pewe buat selonjorin kaki. Jalan teruuus, sampai ada penjual eskrim. Di sini Cece pengen beli eskrim. Pertamanya aku nggak ndukung sih, lha dia udah pilek gitu. Tapi karena dia kepengen, aku jadi ketularan pengen. Haha. Yaudah jadi kami beli eksrim jadinya. Senangnya, di deket situ ada danau kecil, dan di sekeliling danau itu ada bangku-bangkunya. Jadilah kami makan eskrim sambil duduk-duduk sambil ngobrol-ngobrol di situ.



Setelah eskrim sukses berpindah ke perut, kami lanjut perjalanan lagi. Selain itu, di danau tadi juga banyak nyamuk, jadi pengen cepet cabut dari situ. Akhirnya kami jalan lagi. Beberapa menit berjalan, ketemulah sama plang penunjuk jalan, dan mata kami tertuju pada rumah anggrek. Kakipun dilangkahkan lagi demi melihat anggrek-anggrek yang cantik. Perjalanan ke rumah anggrek ternyata ngelewatin taman besar gitu. Tamannya baguuuss.. Langsung lah insting foto-foto kami muncul lagi ke permukaan! TV nya mbak Nisa pun dikeluarkan kembali. Panas banget pas di situ, tapi pemandangannya bagus. Foto-fotolah kami. Nyusun-nyusun tas demi bisa foto berempat, biar Yoga kebagian foto juga.. hahaha :p




Setelah puas foto-foto (sebenernya belum puas, sih, tapi panaas banget jadi nggak betah lama-lama di situ, hehe), perjalanan dilanjutkan menuju rumah anggrek. Jalan beberapa menit, sampai juga kami di rumah anggrek. Di luarnya aja udah ada anggrek yang nggantung-nggantung gitu. Di dalem rumahnya, ada banyak jenis anggrek. Ada yang cuma dipajang, ada juga yang untuk dijual. Suasana di dalemnya itu enak banget. Sejuk, ada air mancurnya juga walaupun nggak seberapa besar. Ruangan di dalem rumah anggrek ini dibuat kayak semacam taman in-door gitu. Tata tamannya bagus, bikin betah.



Kalau nggak inget perut yang udah mulai krucuk-krucuk, mungkin foto-foto di sana bisa lebih lama. Tapi masih ada agenda berikutnya, wisata kuliner. Akhirnya, setelah dari rumah anggrek, kami langsung menuju masjid. Setelah sholat dan cuci muka, istirahat sejenak, kamipun mulai jalan lagi. Awalnya udah pengen makan alias memulai wisata kuliner, tapi Cece pengen banget lihat jembatan gantung. Yaudah, kami mampir lah di jembatan gantung. Walau bentuk dan penampakannya nggak sesuai sama yang kami bayangin, tapi ya tetep aja sempetin foto-foto di situ. Hehehe.



Kelar dari jembatan gantung, kami langsung jalan dengan satu tujuan pasti: keluar KRB dan langsung nyari makanan. Sekitar jam setengah 2 siang, kami keluar dari KRB. Berbekal info yang aku dapet dari blog ini itu, beberapa destinasi wisata kuliner favorit di Bogor tuh ada makaroni panggang, pizza bakar, sama kedai-kedai di sekitar Taman Kencana. Masalah dimulai ketika kami ngelihat tanda jalan yang tulisannya "Jalan Taman Suryakencana". Kami pikir, Taman Kencana ya sama aja sama Jalan Taman Suryakencana ini. Jadilah kami sok-sok langsung menyusuri jalanan di situ. Panaaas banget, seriusan. Setelah beberapa menit jalan nggak pasti, dan nggak ada kedai yang menarik buat dikunjungi, kami memutuskan untuk nanya orang aja. Mbak Nisa langsung nanya sama bapak-bapak penjual jam.

"Pak, makaroni panggang di mana, ya?"
"Mana itu dek?"
"Di jalan salak.."
"Wah mana itu ya??"
"Kalo jalan Pangrango?"
"Oh itu, naik aja angkot 08 A, di depan KRB sana.."

Lhaah! Baliklah kami ke depan KRB. Haha. Yah, namanya mbolang, rasanya kurang afdol kalo nggak pake salah jalan. Setelah nyampe (lagi) di depan KRB, kamipun nunggu angkot 08 A, tapi kok nggak lewat-lewat. Akhirnya ada angkot 08 yang lewat, dan langsung nawarin, "Ke makaroni panggang, kan?"

Waaah, langsung curiga pak supir angkotnya bisa baca pikiran orang!

Naiklah kami. Sepanjang jalan ngerasa excited banget soalnya mau makan. Hahaha. Perut udah berontak sejak lama, mau segera diisi. Lagi asik-asiknya ngelihatin jalanan, tiba-tiba angkotnya masuk kayak gang, gitu. Aku sempet mbatin, angkot kok masuk gang segala ya?

Dan coba tebak, ternyata gang itu emang nggak masuk rute angkot, tapi bapak supirnya itu nganterin kami sampai ke depan tempat makaroni panggang. Ah, how sweet :3

Pilah-pilih kursi, rame banget waktu itu, jadi kami kebagian di tempat yang agak sempit. Tapi nggak masalah, yang penting bisa makan. Hehe. Lembaran menu sudah di tangan, kami mulai memesan.

Menu yang kami pesan adalah: 2 nasi ikan peda bakar, 2 mix omelet, 1 sup makaroni, air mineral, daaaan 2 makaroni panggang ukuran medium.

Segitu banyak cuma buat 4 orang. Haha.

Begitu seluruh pesanan datang, kamipun ribut sendiri. Ribut apaan? Ribut nata meja, biar makanannya cukup. Huahaha. Dan ukuran makaroni panggangnya asli bikin shock! Sotoy sih nggak mau nanya dulu yang ukuran medium itu seberapa.



Pesanan mulai dimakan satu-satu. Aku makan omelet dulu, dan itu enaak. Uuuuww, mau lagii omeletnya :3

Sementara kami makan, Gita dan pacarnya, si Rangga masih otw ke tempat kami makan. Sekitar jam 4an, makanan utama udah pada habis, tinggal makaroni panggang yang belum habis masuk ke perut. Nunggu Gita sama Rangga nggak muncul-muncul, nggak sabar biar mereka segera dateng buat bantu ngehabisin makaroni panggang :p

Beberapa menit kemudian, yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Segeralah mereka kami cekoki sama makaroni, haahaha. Tapi ternyata mereka nggak seberapa membantu, cuma makan sepotong masing-masing. Haaah, dasarr..

Jam 5 sore kami memutuskan untuk cus ke tempat satunya, pizza bakar. Surprise-nya, tempat pizza bakar yang namanya Kedai Kita ini cuma beda 1 gang aja dari makaroni panggang. Jadi kami berenam jalan ke sana. Di Kedai Kita, sudah ada Aini sama Indah yang udah dateng duluan dan nge-jip tempat. Kedai Kita ini ruaaamee banget. Crowded puol -___-

Karena perut udah full pas di makaroni panggang, pas di sini, aku, Yoga, Cece, sama mbak Nisa nggak pesen makanan. Kami cuma pesen minuman. Sementara Aini, Indah, Gita, sama Rangga pesen mie hotplate (yang katanya enak banget). Setelah lihat penampakannya, emang kayaknya enak banget. Udah gitu, porsinya gedeee banget, dan harganya murah. Langsung lah aku mikir, suatu saat pengen ke sini lagi. Hehe.

Oh iya, by the way, Aini sama Indah tuh temen SMA ku. Jadi, aku, Gita, Aini, sama Indah itu dulunya satu SMA, makanya kenal, cuma aku yang beda kelas sama mereka bertiga. Otomatis, sempet disinggung juga deh tentang masa laluku sama salah satu penghuni kelas mereka bertiga. Hiyaaaa >o<

Pesanan tibaaa.. Aku sama mbak Nisa pesen jus stroberi. Cece pesen es campur. Yoga pesen soda gembira. Tapi, berbalik dengan kenyataannya, Yoga nggak gembira, karena pesenannya nggak sesuai ekspektasi. Es susu soda gembira-nya porsinya dikit, pake gelas cantik gitu. Hahaha, ciyan Yoga..

Di sini kami juga berkesempatan untuk nyicipin pizza bakar. Gratisdikasi alias dipesenin sama Indah dan Aini. Makasi yaa :3

Pizza bakarnya enaaak. Lebih banyak isinya daripada rotinya. Dan rasanya itu beda sama pizza lain, soalnya kan di sini pizza nya dibakar di tungku, pake kayu bakar, makanya rasanya beda.

Setelah sholat magrib, aku, Yoga, Cece, dan mbak Nisa memutuskan untuk langsung pulang. Hujan pula.

Kamipun segera mencari angkot untuk balik ke stasiun. Sekitar jam setengah 8, kami naik kereta. Tapi Yoga mencar sendiri karena mau ke rumah saudaranya yang juga masih ada di daerah Bogor. Sementara kami bertiga ciwi-ciwi harus balik ke Jakarta.

Ternyata kereta balik ke Jakarta agak ribet, karena mesti transit gitu kalau mau turun di stasiun Sudirman. Sepanjang perjalanan pulang naik kereta, aku sama Cece menghabiskan waktu dengan acara curhat-curhatan. Sementara mbak Nisa tertidur dengan pulasnya. Hahaha.. Se la lu!

Setengah 10, kereta mendarat dengan sukses di stasiun Sudirman...

Berakhirlah acara mbolang sehari di Bogor pada hari Sabtu itu. Banyak pengalaman baru, referensi baru. Totally happy! Mata puas mandang yang hijau-hijau di KRB, perut dimanjain banget sama makanan enak. Seneng banget. Liburan super juga karena menjalin silaturahmi alias memperbanyak temen, karena ini yang jalan kan ada temen kantor, temen kuliah, temen SMA, bahkan temen SMP pun ada. Superb!

Baiklah, sekian dulu cerita perbolangan di Bogor tanggal 29 Maret 2014. Sampai jumpa di trip berikutnya :D

0 komentar:

Posting Komentar