Jumat, 31 Maret 2023

Mengenal Lebih Dekat Literasi dan Cara Menumbuhkannya Pada Anak Usia Dini

0

sumber: Canva


Beberapa waktu lalu iseng browsing-browsing tentang literasi di Indonesia, lalu ketemu artikel yang menyatakan bahwa berdasarkan survey PISA, kemampuan literasi Indonesia adalah termasuk yang terendah dibanding negara-negara lain di dunia. Wow miris sekali lihatnya. Eh, tapi pada udah paham nggak sih literasi itu apaan? Sebenarnya literasi itu penting nggak sih? Gimana caranya membangun kemampuan literasi dari rumah? Baiklah, kita bahas dari awal yaaa..

APA ITU LITERASI?

Menurut Elizabeth Sulzby “1986”, Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Sementara itu, menurut Alberta (2009), Literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat..

Nah dari dua pengertian ini sebenarnya sudah bisa diambil kesimpulan ya, bahwa literasi itu sangat penting bagi seseorang, baik ketika menjalankan perannya di kehidupan sebagai individu, maupun sebagai makhluk sosial dalam masyarakat.

LALU, APA SIH MANFAAT KITA BELAJAR LITERASI?

Banyak banget manfaat yang bisa diambil dari belajar atau meningkatkan kemampuan literasi, lho, antara lain:

1. Menambah kosa kata

2. Memperluas wawasan dan pengetahuan

3. Melatih untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah

4. Mengasah kemampuan menyampaikan ide, baik secara tertulis ataupun secara verbal

5. Melatih kemampuan untuk menyeleksi informasi sesuai kepentingan dan tujuan

JENIS-JENIS LITERASI

Literasi ada 5 jenis, yaitu:

Literasi Media 

Kemampuan seseorang dalam memahami berbagai bentuk media, serta memilah-milah informasi yang dia perlukan melalui media tersebut.

Literasi Dasar

Kemampuan dasar dalam hal membaca, menulis, mendengarkan dan berhitung, yang kesemuanya adalah modal penting bagi kita agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Literasi Teknologi

Kemampuan dalam hal memahami perkembangan teknologi, misalnya mampu mengoperasikan dan menggunakan internet dengan baik dan bijak.

Literasi Perpustakaan

Kemampuan dalam membedakan karya fiksi dan non-fiksi, keterampilan penggunaan katalog, serta kemampuan untuk memahami informasi serta menuangkannya kembali dalam bentuk tulisan.

Literasi Visual

Kemampuan dalam menerjemahkan informasi lewat gambar.

LALU GIMANA DONG CARA MENUMBUHKAN KESADARAN LITERASI SEJAK DINI PADA ANAK?

Sebelum berpikir muluk-muluk ingin meningkatkan indeks literasi Indonesia di mata dunia, yuk kita mulai dulu dari yang paling dasar, yaitu Membaca sebagai salah satu aspek Literasi Dasar, serta dari yang paling dekat yaitu anak kita di rumah.

Sudahkah kita sediakan buku di rumah?

Sudahkan kita sediakan waktu khusus untuk membaca bersama anak?

Mungkin sebagian akan beralasan kalau percuma anak usia dini dikenalkan dengan buku, toh mereka belum bisa baca. Atau alasan lain lagi kalau anaknya udah dibacain buku tapi malah asyik jumpalitan ke sana kemari. Hehehe.. Semua ada caranya, bunda bundaaa.. Aku share sedikit yaa..

Pertama, pasti harus ada yang dibaca dong yaa.. Nah, kalo untuk anak usia dini, masa iya langsung kita kenalin baca lewat gadget? Tidak mungkin! Jadi sudah pasti jawabannya adalah sediakan buku di rumah.

Ke dua, kenalkan anak dengan buku, dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, pilih buku yang menarik, bacakan buku dengan antusias, bercerita dengan alat peraga (ex. boneka tangan), dll

Ke tiga, kalau sudah kenal, saatnya akrabkan anak dgn buku. Jadikan buku sebagai partner bermain anak. Mau dipakai rumah-rumahan? Gapapa. Mau disusun tinggi jadi menara? Hayuk. Intinya, libatkan buku dalam aktivitas anak, sesering yang kita bisa

Kalau udah di tahap akrab, menurut pengalamanku, anak akan sudah nampak kesukaannya akan buku atau kegiatan membaca itu sendiri. Misal, dia akan mulai pilih sendiri buku yg mau dibaca atau kita bacakan untuk dia.


Kesimpulannyaa, semua hal yang baik itu butuh proses. Menumbuhkan semangat literasi juga perlu proses yang panjang. Semakin cepat dimulai, maka semakin baik, dan semakin cepat pula anak-anak bisa merasakan menfaat dari literasi itu sendiri. Bisa dibilang segala aspek dalam kehidupan memerlukan literasi, dari mulai cara berkomunikasi, mengemukaan pendapat, menyusun karya tulis, sampai membenahi perangkat komputer yang rusak pun, memerlukan yang namanya literasi. Buat yang anaknya sudah lewat usia dini, tenang, tidak ada kata terlambat. Mulailah ajak anak pergi ke perpustakaan, atau toko-toko buku yang menarik, kenalkan, akrabkan mereka dengan buku. Jangan lupa, kita sebagai orang tua juga harus membersamai dan memberikan contoh kepada anak. Jangan anak disuruh membaca, eh kitanya malah main henpon terus, haha.

Aku akan akhiri tulisan ini dengan satu ajakan:

Yuk, mulai hari ini, kita bacakan buku untuk anak kita !


Salam :)


Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi#:~:text=Manfaat%20Literasi,-Belajar%20literasi%20tentu&text=Memperluas%20wawasan%20dan%20pengetahuan.,dan%20memahami%20informasi%20dari%20bacaan.

0 komentar:

Posting Komentar