Kamis, 09 Maret 2023

Mau Jalan-Jalan Nyaman Bersama Balita? Yuk Simak 5 Tips Ini

0

source: Canva


Jalan-jalan bareng balita memang punya tantangan tersendiri. Seringnya, mood anak-anak yang mudah berubah itu bisa bikin agenda healing kita acak-acakan dan jadi makin pusing. Aku sebagai mama-mama newbie juga pernah ngalamin yang namanya males keluar rumah karena malah ngerasa rempong kalo pergi sama anak. Setelah beberapa trial and error, akhirnya aku nemu juga tips and trik gimana biar kita tetep happy dan nyaman selama bepergian dengan si kecil. Yuk, simak tipsnya, moms!


Jangan Ada Keperluan Anak yang Tertinggal

source: Canva
Pastikan keperluan atau printilan anak sudah terbawa semuanya. Kalau anak belum lulus toilet training, maka jangan lupa bawa popok ganti, tisu basah, handuk kecil, bahkan sabun. Kalau anak belum bisa jalan sendiri, cek lagi gendongan atau stroller sudah dibawa atau belum. Kalau anak lagi masa MPASI, yah jangan lupa bawa makanan instan (kalau pakai MPASI instan) dan peralatan makannya. Aku sih punya tas khusus yang biasa dibawa ketika bepergian yaa, yang isinya bener-bener cuma barang dan keperluan anak, jadi nggak bingung karena kecampur sama barang-barang ortunya.

Perhatikan Kenyamanan Anak

source: Canva
Nah, sebagai orang tua, pasti paham dong kondisi seperti apa yang bikin anak nyaman. Misal nih, karakter anaknya nggak bisa banget kegerahan, berarti harus dipastikan baju-baju yang dia pakai tuh nyaman dan nggak bikin gerah. Misal bepergian naik mobil, ya dipastikan AC nya dalam kondisi baik biar suhunya dingin. Pilihan transportasi juga bisa disesuaikan sama karakter anak, ya. Misalnya anak suka eksplor banyak hal, bisa tuh pertimbangkan naik beragam transportasi umum yang pastinya bisa menambah pengalaman baru buat anak.

Siap Sedia Cemilan Favorit

source: Canva
Untuk anak yang sudah agak besar atau sekitar umur 2 tahun ke atas, biasanya sudah akrab dengan berbagai macam jajanan ya. Jajanan di sini bisa macem-macem, bisa berupa cemilan yang dijual bebas di toko retail, atau juga buah-buahan. Lebih bagus kalau bawa cemilan yang memang khusus anak, yaa, karena beberapa anak yang sensitif gula bakal jadi "lebih aktif" kalau kena yang manis-manis. Kembali lagi orang tua yang lebih paham tentang apa-apa yang baik untuk dikonsumsi anaknya.

Jaga Mood Supaya Tetap Ceria

source: Canva
Ini juga penting, nggak pengen kan, acara jalan-jalan yang harusnya fun malah jadi kesel karena anak rewel? Kenali apa yang dibutuhkan anak supaya mood-nya tetap bagus. Apakah perlu dibawain busy book biar ada kegiatan? Apa perlu setel musik favoritnya? Apa perlu provide makanan kesukaan? Coba tanya anak, apa yang dia mau biar bisa enjoy selama perjalanan.

Utamakan Destinasi yang Ramah Anak

source: Canva
Nah yang terakhir, usahakan pilih destinasi yang ramah anak. Kalau sudah punya toddler, mungkin nongkrong di kafe bukan pilihan yang tepat. Apalagi kalau punya anak yang aktif dan suka eksplor ini itu. Lebih baik ambil jalan tengahnya, misal berkunjung ke tempat makan yang punya area feeding animal. Orang tua bisa santai, anak pun juga senang bisa ngasi makan binatang. Kalau anak masi kecil, pilih resto yang ada baby chairnya supaya lebih nyaman. Semakin besar usia anak, makin beragam pula pilihan destinasi karena mereka sudah mulai bisa enjoying hal-hal yang sama seperti orang tuanya.


Itu diaaa beberapa tips dari aku, emak-emak beranak satu umur dua tahunan. Semoga punya anak tidak menghalangi kita untuk bisa eksplor dan berpetualang ke banyak tempat, ya!

0 komentar:

Posting Komentar