Jumat, 04 April 2014

PHKI Story: More Than Just A Room

0

Sekitar awal tahun 2012, aku dan anak-anak HIMA angkatan 2009 dapet basecamp baru, namanya PHKI. Basecamp ini kita dapetin karena kita dapet amanah dari Bapak Aria, salah satu dosen favorit, untuk ngerjain alias ngebantuin beberapa acaranya Departemen Manajemen, salah satunya adalah ICOI. ICOI ini semacam acara konferensi internasional gitu, deh. Kita sih, seneng-seneng aja, karena jujur, setelah pensiun dari HIMA, kan kita pada kebingungan nyari basecamp, tuh, jadilah PHKI ini seperti oase di tengah padang pasir buat kita. Hehe.

Kemarin, baru aja dapet kabar kalau PHKI digusur, karena mau dijadikan perluasan salah satu jurusan di fakultas kita. Pembicaraan di grup WhatsApp mendadak jadi nostalgia. Percaya nggak percaya, aku ngerasa sedih juga, lho. Padahal aku lagi jauh dari Surabaya. Tapi, rasanya kehilangan banget.

Buat kita, PHKI tentulah bukan sekedar ruangan berbentuk persegi dengan fasilitas yang super lengkap untuk ukuran basecamp alias tempat bernaung biar nggak luntang-lantung di kampus. Kita udah menghuni PHKI sejak semester 6, pas udah mulai terpisah-pisah karena ambil konsentrasi. Dan PHKI lah tempat kita berkumpul. Tiap hari, kalau kuliah belum mulai, kalau nunggu jeda kuliah yang masih lama, bahkan mbolos kuliah pun kita di PHKI.

PHKI bukan sekedar tempat nongkrong buat kita. Karena di sana kita udah berbagi banyak hal. Masih inget pas ngerencanain berangkat ke Sempu, malemnya kita masih sibuk ngurusin pengiriman poster dan lain-lain buat ICOI. Wiwit sama Riza yang usil banget bohongin kalau nggak dapet tenda. Ah, dasar kalian berdua!

Ada juga hari di mana keabsurd-an melanda. Beraksilah Mamen, Wiwit, Ajung, nari-nari ala JKT48. Aku punya rekamannya, sih. Tapi kalau aku share di sini, aku takut pertemanan kita berakhir. Hahahaha. Lucu banget kalau ngelihat mereka mantengin komputer cuma buat browsing video sama foto-fotonya personil JKT48. Nggak nyadar umur, itu personilnya kan masih berondong-berondong banget buat kalian.. :p

Memasuki semester 7, banyak yang udah mulai ambil skripsi. Di awal-awal, masih semangaaat banget. Tiap hari pasti di PHKI, pada buka laptop, mbaca jurnal, mbaca buku. Kadang ke kampus ya emang cuma di PHKI aja, karena jadi ngerasa nggak sendirian. Semester 7 ini waktunya galau maksimal buat yang udah ngambil skripsi. Ada yang galau bab 1 nya nggak selesai-selesai, ada yang galau jurnal utamanya ditolak melulu, ada yang galau mesti ganti judul, banyak pokoknya. Dan semua kegalauan itu berasal dari satu sumber: skripsi. Di kala semangat-semangat mulai mengendur, ada satu orang yang gigiiih banget ngerjain skripsinya, dialah Hannie. Dia ini, semangat banget biar bisa lulus 3,5 tahun, wisuda Maret. Waktu kita pada ngobrol-ngobrol nggak jelas, Hannie ngetik skripsi. Waktu kita pada nonton Jalan-Jalan Men! rame-rame, Hannie ngetik skripsi. Waktu kita pada ke kantin makan siang, Hannie tidur di kolong meja lantaran kelelahan. Iya, Hannie punya tempat tidur favorit, di kolong meja, beralaskan kardus-kardus berisi buku. Selain Hannie, ada juga Nia yang rajin dan semangat ngebut skripsinya, lantaran sang dosen pembimbing mau pergi ke manaa gitu (aku lupa), hehe. Jadilah dia mirip-mirip kayak Hannie, ngebut gitu ngerjainnya, di kala yang lain masih sibuk dengan hal lain (leyeh-leyeh). Lain lagi si Gita, ini cewek tiba-tiba dateng aja pas H- berapa hari siding skripsinya. Dia nangis-nangis, bingung, ngerasa nggak siap alias ndadak banget gitu sidangnya. Dia diburu waktu, sih, mesti segera lulus dan ikutan program studi di Belanda.

Di hari-hari yang lain, ada Itsna yang doyan bawain kita makanan. Entah itu hasil masakannya sendiri, atau cemilan hasil beli di minimarket. Dan yaa, siapa lagi yang doyan ngabisin itu semua kalau nggak aku, himajo (Wiwid, Nasir, Hannie, Koko), Redha, Yoga, Afid, Bayu. Kalau Umsi, emang suka makan juga, sih, tapi dia juga kadang bawain kita masakannya. Hehe. Sementara itu, kalau soal jajanan SD, ada Nano masternya! Karena kosnya ada di deket SD, jadilah dia sering bawain kita jajanan SD macem telor gulung, cireng, molen kecil-kecil, dan masih banyak lagi jenisnya. Di luar dugaan, ternyata jajanan SD sekarang makin beragam. Biasanya sih yang doyan nitip ya aku, Nina, Wiwid, dan yaa para tukang makan ini lah..

PHKI juga nggak pernah lepas dari yang namanya guyonan. Sumber guyonan yang utama biasanya adalah permainan tebak kata! Kalau main ini, rasanya nggak bakal lengkap kalau nggak ada si Hendra. Apa pasal? Karena si Hendro ini ajaib banget! Kalau kasi tebakan mesti jauuuuh banget dari jawabannya. Hahaha. Itulah, kita sering nyebut kalau udah giliran Hendra ngasi tebakan, udah waktunya babak bonus. Apalagi kalau ada Sarah, waaaahh.. Serruu banget pasti main tebak-tebakannya malah. Soalnya Sarah ini lucu, kalau ngomong sama dia kudu mikir, sebenernya nih anak pengen ngomong apa. Hihi. Kita sering banget mainan tebak kata ini. sering dimainin, tapi nggak pernah bosen.

PHKI bukan sekedar ruangan..

Kita semua pasti sepakat soal itu. Kalau aja dinding-dindingnya bisa bicara, mungkin nggak akan habis dia bercerita tentang canda tawa kita, kekonyolan kita, kegalauan kita, dan banyak lagi yang lainnya. Banyak hal yang udah terjadi di PHKI selama kita ada di sana. Sedih, seneng, takut, bete, marah, dan seterusnya dan seterusnyaa..

Sebutlah ini lebay, tapi aku bener merasa kehilangan. PHKI udah berjasa banget buat kita. Lebih dari sebuah basecamp. Lebih dari sekedar tempat selojorin kaki. Lebih dari sekedar tempat yang asyik buat download ini itu. PHKI lebih dari itu semua.


Buat kita, PHKI itu rumah..

0 komentar:

Posting Komentar