Jumat, 30 Mei 2014

Alhamdulillah, Ini Hijab Pertamaku.. :)

4

Kali ini, pengen berbagi pengalamanku pake hijab...

Perjalanan dimulai ketika aku kelas 2 SMA, aku ngelihat beberapa temen sekelas yang pada berubah penampilan dengan pake hijab. Sempat terbesit niat dan keinginan untuk pake juga waktu itu, tapi karena satu dan lain hal, sampe lulus pun aku belum jadi berhijab.

Ketika kuliah, punya temen-temen baru, yang mayoritas berhijab. Punya beberapa temen deket juga pada berhijab. Niat di hati itu tetap ada, tapi entahlah, rasanya masih ingin menunda. Rasanya masih belum pantes. Sementara itu, beberapa temen deket pas kuliah sudah mulai berhijab satu per satu. Aku ketinggalan jauh...

Sampai Januari lalu aku menginjak Jakarta, hijab belum juga aku kenakan. Di kantor, aku seruangan sama temen-temen yang berhijab semua. Di kosan, akupun sekamar sama perempuan berhijab. Dialah yang pada akhirnya mencuci otakku.. hahahahaha.. Nggak, nggak.. Dia sering ngingetin aja, kalo berhijab itu kewajiban. Cara ngingetinnya juga lucu sih, dan seringkali malah nggak sengaja. Misalnya aku sama dia lagi sama-sama liat path atau fesbuknya lewat tab-nya dia, terus eeeh ada gambar-gambar gitu yang ngingetin tentang hijab. Tertohok juga hati ini melihatnya.. 

4 bulan berlalu di Jakarta..

Sampai sekitar dua mingguan yang lalu...

Aku ada acara ketemuan sama temen-temen semasa kuliah di Sarinah. Berangkat siang-siang, sendirian. Beberapa langkah keluar dari kosan, tiba-tiba deg!!

Aku ngerasa nggak aman, dan ngerasa bakal aman kalo pake hijab.

Dan yang kali ini nggak sekedar terlintas di pikiran, tapi langsung dari hati. Langsung pengen banget segera berhijab. Kebetulan semingguan setelah itu, mama sama nenekku berkunjung ke Jakarta. Akhirnya sabtu lalu, aku pake hijab waktu jalan-jalan sama mama dan nenek. Actually, dari dulu, kalo lagi jalan sama keluarga, aku nyaris selalu pake hijab. Hanya saja, aku belum berani konsisten pakainya.

Nah, niatnya, aku mau pake hijab pas hari Jumat (hari ini). Memulai kebaikan di hari yang baik, pikirku. Sampe hari Minggu, mbak Nisa minta ditemenin ke Atrium, mall deket kosan. Aku pakai hijab waktu itu. Dia dengan santainya bilang "kalo ntar ketemu sama temen kantor, pasti aneh kamu ntar senin belum pake hijab..". Dan aku dengan santainya pula bilang "Haha, nggak mungkin..."..

Dan ternyataaa...

Aku bener-bener ketemu temen seangkatan kantor. Toweeeng!!

Ya, mungkin Allah ingin niat baikku disegerakan..

Finally, senin, 26 Mei 2014, Alhamdulillah aku berniat memakai hijab ini secara konsisten, Insya Allah..

Daaan.. respon dari semua orang sangat-sangat baik. Kalau boleh dibilang, berhijabnya aku ini nggak hanya keinginan sendiri, tapi juga harapan dari banyak orang. Aku masih inget waktu SMA, ada salah seorang sahabat baik yang sampai menghadiahi aku sebuah buku yang isinya tentang pengalaman-pengalaman pertama memakai hijab. Nggak terhitung juga temen-temen yang ngingetin aku untuk pake hijab, atau mungkin sekedar bertanya kenapa aku belum berhijab. Bahkan foto berhijabku yang aku upload senin lalu, jumlah like-nya lebih banyak daripada foto pas aku wisuda. Hehe..

Aku dapet banyak ucapan Hamdalah, finally, dan ucapan selamat.. Serta doa-doa agar aku konsisten dengan hijab ini. Subhanallah, terima kasih banyak teman-teman semuaa.. :)

Aku bersyukur, sampe saat ini, punya banyak sahabat, temen-temen yang dengan senang hati menerima aku apa adanya. Mereka dengan senang hati selalu mengingatkan akan kewajiban menutup aurat, tanpa terkesan menghakimi bahkan mencibir aku yang sampai beberapa waktu lalu masih belum juga berhijab. Nggak ada yang membanding-bandingkan aku dengan perempuan berhijab. Nggak ada yang men-judge bahwa aku lebih buruk daripada perempuan yang mengenakan hijab. Karenanya, aku bisa menerima nasehat mereka dengan senang hati pula.

Karena aku nggak suka di-judge, aku nggak akan nge-judge orang. Aku nggak bilang kalo aku yang sekarang sudah berhijab sudah pasti jadi lebih baik dari aku yang dulu. Aku cuma bisa bilang, bahwa hijab ini bikin aku merasa lebih aman dan nyaman. Hijab ini bikin aku ngerasa lebih dijaga dan terjaga.

Segini dulu yaa aku berbagi pengalaman pertamaku berhijab. Sampai jumpa di pengalaman pertama-pengalaman pertama yang berikutnyaaa.. :D


Hari itu hari Senin
Senin itu hari lahirku
Dan di hari Senin 26 Mei 2014
Aku merasa terlahir kembali..

4 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga bisa tetap berhijab dan semakin baik dalam berhijab ya :)

    BalasHapus
  2. Barakallah... semoga istiqomah :)

    BalasHapus