Rabu, 19 Oktober 2022

Yuk, Investasi Cerdas Bersama SFAST!

0


Investasi membuatmu selangkah lebih dekat dengan fase kebebasan finansial, dimana kamu tidak lagi bekerja untuk mendapatkan uang, tapi uanglah yang bekerja untuk kamu.
 
Perkembangan teknologi membawa angin segar untuk iklim investasi dalam negeri. Seiring dengan semakin banyaknya aplikasi investasi saham maupun reksa dana, jumlah investor juga mengalami ledakan hingga mencapai 9,7 juta orang per September 2022, naik sebesar 294% dibandingkan tahun 2019.



Menariknya, pengaplikasian teknologi ini juga sekaligus meningkatkan wawasan masyarakat mengenai pentingnya berinvestasi. Berdasarkan data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dari 9,7 juta investor, 62,45% diantaranya memiliki tingkat pendidikan SMA dan setara, serta didominasi oleh kelompok usia 30 tahun ke bawah. Bukan cuma itu, Pelajar ternyata menjadi kelompok investor terbesar ke dua setelah Pegawai. Hal ini membuktikan bahwa teknologi telah membuat investasi mampu dijangkau oleh nyaris seluruh lapisan masyarakat di berbagai level pendidikan dan usia. Sebenarnya, apa saja sih keuntungan berinvestasi secara online menggunakan aplikasi?

MUDAH DIGUNAKAN

Dengan adanya aplikasi investasi, kamu tidak perlu lagi harus menyediakan waktu khusus untuk pergi ke kantor penyedia jasa. Cukup bermodalkan smartphone, download aplikasinya, daftar, dan voila! Selamat anda telah menjadi investor. Selanjutnya, tinggal memilah-milih produk investasi yang cocok dengan preferensi atau kondisi keuangan kamu. Bahkan beberapa aplikasi juga telah menyediakan semacam fitur advisor untuk para pemula, dimana fitur itu akan memandu investor dalam memilih produk investasi sesuai dengan risk profile-nya. Investasi semudah bermain sosmed, teknologi benar-benar memudahkan hidup, kan?

MODAL YANG MURAH

"Aduh, uang apa yang mau dibuat modal?"

"Aku nggak punya uang, nih."

"Investasi kan, mahal!"

Hari gini masih beranggapan investasi itu perlu punya banyak uang dulu? Buang jauh-jauh deh, anggapan itu. Saat ini kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal yang bervariasi mulai dari Rp10.000,- sampai Rp100.000,- saja. Gimana, murah kan? Modal sekecil itu bisa didapatkan dari pelajar yang menyisihkan uang jajan mingguan, bapak-bapak yang mengurangi konsumsi rokoknya, atau pekerja kantoran yang gajinya nggak lagi dibuat sering-sering jajan kopi kekinian. Nggak perlu lagi punya uang berjuta-juta dulu untuk bisa berinvestasi dan mempersiapkan masa depan keuangan kamu.

TRANSAKSI LEBIH PRAKTIS

Di era digital ini, preferensi masyarakat sudah beralih dari transaksi konvensional menjadi transaksi yang berbasis online. Jangankan transfer ke rekening lain, sekedar makan di kantin aja sekarang diutamakan pembayaran non tunai. Lupa bawa hp itu lebih menyengsarakan daripada lupa bawa dompet. Bener nggak? Aplikasi investasi ini juga provide kemudahan dalam bertransaksi. Misal nih, kamu mau beli reksa dana Rp250.000,-, kamu bisa pilih metode pembayarannya, bisa melalui transfer bank, atau sinkronisasi dengan akun e-wallet yang kamu punya. Praktis banget, kan!

SFAST: PARTNER INVESTASI SAHAM DAN REKSA DANA

PT Surya Fajar Sekuritas atau SF Sekuritas merupakan salah satu Perusahaan Efek yang mendapatkan Izin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan dengan Nomor Izin KEP-64/D.04/2018. Karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, kamu bisa pastikan bahwa investasi saham di sini sangat aman dan terpercaya. Selain itu, manajemen SF Sekuritas juga didukung penuh oleh para profesional yang ahli di bidangnya.

Demi menggiatkan masyarakat untuk berani berinvestasi, SF Sekuritas tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan aplikasi investasi bertajuk SFAST. Melalui SFAST, kamu bisa investasi saham secara online dan investasi dalam bentuk reksa dana. Apa sih bedanya investasi saham dengan reksa dana?

Investasi saham berarti kamu langsung membeli saham perusahaan, dan otomatis menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. Kalau kamu seorang risk taker, berpegang teguh pada prinsip “high risk, high return”, dan menguasai analisis-analisis yang diperlukan untuk menilai masa depan kinerja perusahaan, investasi saham sangat cocok buatmu. Ada dua keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi saham, yaitu dividen dan capital gain.

Dividen adalah sebagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham. Dividen bisa dibagikan berupa uang tunai, atau berupa saham. Jadi sebagai investor, kamu berkesempatan untuk mendapatkan uang tunai atau tambahan porsi saham di perusahaan. Ini juga jadi salah satu alasan pentingnya investasi saham, yakni kamu jadi punya passive income berupa dividen selama saham perusahaan itu tetap kamu keep. Kalau kinerja perusahaan makin bagus setiap tahunnya, labanya juga terus meningkat, wah kamu juga berpeluang dapat dividen yang makin besar. Dividen ini bisa kamu pakai untuk dana darurat, diinvestasikan lagi, atau jadi dana cadangan di hari tua.

Sedangkan capital gain dapat diperoleh ketika kamu berhasil menjual saham kamu dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan pada saat kamu membelinya. Selisih antara harga jual dan harga beli itulah yang disebut dengan capital gain.

Nah, lain lagi kalau kamu adalah seorang risk averter yang lebih memilih portofoliomu dikelola oleh ahlinya, maka reksa dana adalah pilihan yang tepat. Jika memilih investasi reksa dana, kamu tinggal setor uang, kemudian manajer investasi yang akan mengelola uangmu untuk disalurkan ke beberapa instrumen seperti saham, obligasi, dan aset lainnya. Keuntungan dari investasi dalam bentuk reksa dana bergantung dari tingkat return masing-masing jenis reksa dana yang kamu pilih. Keunggulan dari reksa dana adalah kamu bisa membelinya mulai dari nominal yang kecil, misal Rp100.000,-. Selain itu, investasi reksa dana juga memungkinkan kamu untuk mendiversifikasi risiko ke dalam berbagai protofolio efek, sehingga risiko yang kamu hadapi sebagai investor menjadi relatif lebih kecil. 

Dalam satu aplikasi SFAST, kamu bisa menemukan dua bentuk investasi di atas, yakni saham dan reksa dana. Kalau kamu seorang investor pemula, ada baiknya mencoba reksa dana terlebih dahulu. Lalu, sembari pelan-pelan belajar tentang saham, nanti kamu bisa mencoba trading sendiri. Dengan SFAST, kamu nggak perlu download aplikasi lain lagi untuk investasi saham, karena SFAST pun punya menu trading yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun.


Nah, gimana, sudah tertarik berinvestasi belum, nih? Dengan segala kemudahan berinvestasi yang ditawarkan di era digital ini, ditambah hadirnya SFAST sebagai aplikasi investasi yang serba bisa, harusnya kamu mulai memasukkan investasi sebagai pos alokasi dana baru yang konsisten kamu isi setiap bulannya. Ayo segera kunjungi App Store atau Play Store di hp kamu, cari aplikasi SFAST. Cepetan install, isi form registrasinya, dan mulai persiapkan masa depanmu melalui investasi saham atau reksa dana.

Jangan lupa, kunci sukses investasi adalah sisihkan jangan sisakan, dan mulailah dari sekarang. Yuk, jadi investor cerdas bersama SFAST!

0 komentar:

Posting Komentar