Rabu, 05 Oktober 2022

Review Buku Kiya : Buku-Buku dari Rabbitholeid

0

Haai, jumpa lagi di postingan ke dua di tahun ini, wkwk. Setelah postingan untuk ikut lomba kemarin, aku bertekad mau aktif lagi menulis di blog ini. Selain menghidupkan hobi lama, aku baru menyadari (lagi) kalau kegiatan menulis itu ternyata bisa jadi semacam healing juga buatku. Jadilah kapan hari aku bikin polling di IG, kira-kira next posting mau bahas tentang apa. Dan hasil polling menunjukkan kalau lebih banyak yang pengen tahu tentang review buku-buku yang Kiya baca. Okay deeh, aunty uncle semuaa, di postingan ini aku akan spill buku-buku yang Kiya baca pertama kali di waktu masih bayiii piyik yaaa.. Let's Gooo..

Kiya photoshoot pake Buku Hop!

Sejak hamil, aku udah sering browsing-browsing soal buku anak, sampai ketemulah dengan akun Rabbithole.id. Aku cek-cek marketplace dan IG nya, iiiihhh bukunya gemes-gemes banget. Berdasarkan info di websitenya, ada tiga keunggulan buku-buku Rabbithole, yaitu:

1. Edukatif karena disesuaikan dengan usia dan tugas perkembangan anak, serta dibuat oleh psikolog anak.

2. Atraktif karena buku dibuat secara menarik, seperti adanya fitur pop-up, touch and feel, flap (buka-tutup), dan lain-lain.

3. Interaktif karena bukunya dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan antara orang tua dan anak sejak dini.

Akhirnya aku beli waktu itu sepaket isinya 4 buku: Hoaam, Suara Apa Itu?, Ci Luk Ba, Papa, dan HOP!.

1. Hoaam

source from: www.rabbitholeid.com
source from: www.rabbitholeid.com

Yang pertama, buku dengan judul Hoaam. Dari segi sampul bukunya, gemes banget yaa gambar bayi yang lagi menguap, hihhi, warnanya yang kuning terang juga sangat eye catching. Paling penting, buku ini sangat mudah dipegang oleh tangan bayi yang mungil karena bahannya dari kain, alias soft book. Kiya dulu suka banget buku ini, bahkan pas dia belum bisa duduk, dia udah suka mengamat-amati buku ini sambil rebahan, wkwkwk. Gambar dan warna yang menarik, dikombinasikan dengan teks yang minimalis dan konsep cerita sederhana tentang rutinitas anak (bangun, tidur, mandi, makan, dll), otomatis bikin buku ini mudah jadi favorit anak-anak alias bayi.


2. Suara Apa Itu?

source from: www.rabbitholeid.com

Buku ini bentuknya boardbook ya, jadi agak berat. Tapi, keunggulan dari boardbook itu nggak mudah sobek, kalaupun bayi nge-cess juga nggak akan bikin bukunya rusak. Selain itu, boardbook juga memudahkan bayi untuk membalik halaman buku, yah next stage setelah softbook gitu lah. Dalam buku Suara Apa Itu? kita akan menjumpai berbagai macam alat transportasi beserta bunyinya. Hal ini memungkinkan kita untuk menstimulasi bayi dengan macam-macam bunyi yang kita replikasi pake suara sendiri. Ketika anak sudah agak lebih besar, dia juga bisa sekaligus kita kenalkan dengan alat transportasi serta konsep berhitung. Konsep berhitung? Yaaps, uniknya buku ini memang 1 buku bisa bertahan lama dan disesuaikan dengan perkembangan anak. Buku ini masih jadi favorit Kiya sampai sekarang, walaupun udah agak compang-camping yaa, hahaha.


3. Ci Luk Ba

source from: www.rabbitholeid.com

Lewat buku ini, kita bisa memperkenalkan exciting-nya bermain petak umpet dengan orang tua. Selain itu, ada juga konsep mengenai letak benda, seperti di atas, di bawah, di luar, di dalam, dan lain-lain. Masih juga dikemas dengan ilustrasi yang menggemaskan, buku Cilukba! juga dilengkapi dengan fitur buka tutup, sehingga kita bisa sekaligus menstimulasi motorik halus anak dengan cara yang menyenangkan.


4. Papa

source from: www.rabbitholeid.com



Cerita di dalam buku PAPA ini sederhana but sweet sekali. Selain memperkenalkan rutinitas kegiatan anak dan orang tua, ada juga soal pembagian peran papa dan mama terkait pengasuhan anak secara bersama-sama. Buku ini juga favorit Kiya banget, apalagi baru-baru ini setelah dia sudah suka dan bisa mainin mainan di taman seperti ayunan, prosotan, dan lain-lain. Sepertinya dia makin merasa relate dengan gambar-gambar yang ada di buku ini. Bahkan Kiya sudah bisa sedikit menceritakan satu halaman di buku ini yang isinya tentang anak main-main di taman dengan ayahnya.


5. HOP!

source from: www.rabbitholeid.com

Last, buku paling favoritnya Kiya dari pertama beli sampe sekarang dia umur 2 tahun. Banyak banget yang bisa kita explore lewat buku ini. Mulai dari konsep pertumbuhan manusia dan hewan, habitat hewan, sampai mengenal konsep kecil-sedang-besar serta kanan-kiri. Menariknya lagi, buku ini dilengkapi dengan fitur dorong-tarik-geser-putar yang bisa sekalian digunakan untuk stimulasi motorik anak. Benar-benar merasakan manfaat buku ini, utamanya soal motorik, karena di usia yang belum 1 tahun dulu, Kiya udah lumayan lancar untuk gunain fitur tarik, dorong, dan putar.


Nah, untuk buku-buku Rabbitholeid, kita usaikan dulu sampai di sini ya. Buku-buku ini bener-bener menemani aku dalam memperkenalkan dan menumbuhkan ketertarikan Kiya terhadap buku sejak masih bayi. Bonusnya lagi, dengan fitur-fitur menarik di dalam buku, aku juga bisa menstimulasi motorik halusnya Kiya. Selain itu, buku-buku ini juga terjangkau banget harganya, bisa kamu dapatkan mulai harga di bawah Rp100.000,- lho. Penasaran sama buku-buku lain dari Rabbitholeid? Langsung aja kunjungi website-nya di www.rabbitholeid.com.

Sampai jumpa di postingan Buku Kiya selanjutnya :D

0 komentar:

Posting Komentar