Selasa, 11 Agustus 2015

Tentang Sebuah Perjalanan

0

pict taken from: amomoffaith.wordpress.com
Beberapa hari yang lalu membaca postingan path salah seorang teman yang habis naik gunung, menggapai puncaknya. Lalu dia katakan bahwa, meraih puncak itu biasa, yang luar biasa adalah mencapai puncak bersama-sama. Lalu sejenak postingan itu membuat ingatanku melayang ke perjalanan-perjalanan yang pernah kualami dengan teman-teman yang sudah kuanggap keluargaku sendiri. Bersama teman-teman baik semasa kuliah, aku melakukan banyak perjalanan, yang beberapa diantaranya lumayan berat (buatku), tapi kesemuanya selalu menyenangkan untuk diingat.

Kemudian, seperti semakin yakin bahwa, dalam suatu perjalanan, yang lebih penting adalah partner-nya, bukan destinasinya..

Kalau sejenak kembali mengingat, aku sih lebih ingat, lebih terkesan dengan bagaimana ceritanya aku bisa mencapai suatu destinasi. Aku juga pasti lebih ingat dengan prosesnya, lebih bisa merasakan feel di prosesnya, bukan ketika berhasil atau tidak untuk mencapai suatu tujuan itu. 

Waktu ngelakuin perjalanan ke pulau Sempu beberapa tahun yang lalu, yang paling berkesan ya perjalanannya. Apa aja yang sudah terjadi sepanjang perjalanan, apa yang ada di dalam pikiran dan perasaan ketika di perjalanan. Ketika sudah mencapai tujuannya, alias segara anak, yang ada ya kekaguman, kelegaan, mungkin akan selesai pada saat itu juga, atau paling nggak yaa bertahan sampai beberapa har berikutnya lah ya. Sementara memori selama proses mencapainya, selama lelah dan payah dalam perjalanannya, akan terus tinggal di dalam hati dan pikiran, dan mendatangkan senyuman ketika dikenang.

Aku pikir-pikir lagi, memang partner perjalanan itu perannya pentiiiiing banget. Tujuan itu penting, tapi, partner perjalanan tuh lebih penting, bahkan bisa jadi partner perjalananlah yang turut menentukan berhasil atau tidaknya tujuan itu tercapai. Di perjalanan-perjalanan yang berat, penting sekali punya partner yang tepat. Apalagi untuk perjalanan seumur hidup, ya kan? :)



hidup adalah prosesnya
ini memang cerita tentang perjalanan
dan langkah-langkah ringan di samping langkah kita
berjalan bersisian
ke tujuan abadi

0 komentar:

Posting Komentar