Rabu, 24 Agustus 2016

Just A Little (Self) Motivation

0

pict taken from blog.oxforddictionaries.com
Waktu SD, aku punya satu buku khusus untuk puisi-puisi yang aku tulis. Buku itu, aku simpan serapi mungkin, aku simpan baik-baik supaya nggak ada orang lain yang membacanya. Aku malu, aku merasa tulisanku jelek. Apalagi, nggak banyak temen-temenku yang juga suka nulis. Yaaa, takut diceng-cengin lah kalau sampai ada yang baca puisi-puisiku.

Hobi nulis itu semakin menjadi ketika SMP. Aku masih suka nulis puisi, tapi lambat laun mulai coba-coba nulis cerpen juga. Kelas 1, aku beranikan diri untuk ngirim karya ke majalah sekolah. Masih inget banget, setiap karya yang dimuat kan dapat honor, dan aku girang tak terkira waktu tau karyaku dimuat. Padahal honornya nggak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Berawal dari situ, aku mulai punya keinginan untuk membiarkan karyaku dibaca banyak orang. Jadilah kelas 2, aku memberanikan diri daftar jadi redaktur majalah sekolah, dan diterima.

SMA, aku batal ikut ekskul jurnalistik di sekolah, karena aku males ikut diklatnya, hahahaha. Meskipun gitu, aku tetap suka kirim puisi atau apapun itu ke majalah sekolah. Walau nggak selalu dimuat, tapi yaah aku suka aja sih. Ah iya, waktu SMA kan lagi ngetrend-ngetrendnya facebook tuh, akupun nggak ketinggalan. Hobi nulisku makin tersalurkan karena ada fitur notes di facebook. Ada hampir dua ratus notes-ku di facebook. Dan, di luar dugaan, banyak yang suka sama tulisan-tulisanku di sana. Bukan hanya karya baru, aku dapat banyak teman baru dari tulisan-tulisan yang aku publish itu.

Beranjak kuliah, tahun 2011, aku mantap bikin blog. Blog ini, blog yang masih hidup sampai saat ini. Masa kuliah bisa dibilang jadi masa paling produktif-ku untuk nulis/posting. Aku rajin ikut event nulis mingguan-nya nulisbuku.com (salah satu website self-publishing yang sering bikin event tulis-menulis), suka ikutan lomba nulis dimana-mana juga. Karena habbit itu juga, aku berhasil ngumpulin banyak cerpen yang akhirnya aku bukukan jadi satu. Buku kumpulan cerpen amatiran yang aku sayang banget, karena itu "anak" pertamaku. Di tahun-tahun berikutnya, karyaku lumayan banyak dimuat di proyek kompilasi cerita. Masa kejayaan banget.... *terharu* *menerawang atap* *meratapi masa kini*

Sekarang, sepertinya lagi demotivasi banget. Nggak akan beralasan banyak kerjaan deh, sok sibuk amat. Tapi memang tiap hari pulang kantor bawaannya pengen tidur aja, sudah nggak mood buka laptop. Jadilah begini adanya, sudah masuk bulan Agustus, tapi baru ada 34 postingan di blog ini. Huft.

But, kapan hari akhirnya menguatkan tekad untuk ikut lomba bikin cerpen. Deadline jam 12 malam, dan aku baru mulai ngerjain jam 9 malem. Sounds crazy, but I did it well. Memang, setelah dibaca-baca lagi kok rasanya ceritanya agak maksa. Kelihatan gitu kalau mikir banget pas nulis ceritanya, hahaha. Setelah sekian lama banget nggak nulis cerita, yaaah not bad lah ya, hehehe. *excuse mu ul, isok ae*

Semangat lah ul, jangan lupakan mimpi besarmu. Ayoook banyak nulis lagi, posting lagiii!


0 komentar:

Posting Komentar