Rabu, 15 Februari 2012

PLH Jogja ! #Day 3

Selamat pagiiii Jogja !
Seperti biasa pagi ini pun aku masih setia jadi alarm hidupnya Pipit dan Bukna J
Agenda hari ini adalah beli tiket pulang, mbalikin motor sewaan, dan capcuuus ke candi Prambanan. Hari ini mas Nalar nggak bisa nemenin, jadi murni di hari Sabtu yang cerah ini, kami bertiga bakal menjelajah Jogja dengan mandiri. Mbolang.

Setelah selesai mandi-mandi. Aku sama Pipit pun keluar buat mbalikin motor, sekalian ke stasiun buat beli tiket. Karena masih deket, aku pun males pake celana jins, kupake lah celana panjang piyamaku semalem. Hehe. Kelar mbalikin motor, kamipun langsung ke stasiun, bagian reservasi. Setelah liat jadwal, pede banget mau naik kereta bisnis lagi Senin pagi. Ngantri lah kami di depan loket karcis. Eh tau-tau ada satpam nyamperin.

S : misi BUK, nomor antrian berapa ?
A : 35..
S : oh iya, silakan..
A : (bisik-bisik ke Pipit) sialan, paknya nggak liat apa aku masi imut-imut gini dipanggil ibuk.. huh
P : hahahaha

Dan rupanya panggilan tidak sopan dari si pak satpam itu adalah sebuah pertanda buruk. Badanku dan Pipit melemas. Tiket buat Senin udah habis. Bingung lah akhirnya. Mau pulang naik apa ?

Naik bis ? si Pipit mabukan kalo naik bis, dan kita juga nggak tau mesti ke terminal naik apa. Satu-satunya jalan memang naik kereta ekonomi. Akhirnya aku tanya temenku lagi, kereta ekonomi ada nggak yang berangkat dari Jogja, soalnya, menurut cerita temenku yang barusan ke Jogja beberapa harinya yang lalu, dia pulang naik kereta ekonomi yang dari Jakarta. Dan padet banget. Ohmen, nggak kebayang deh kalo sampe nggak dapet duduk di kereta. Jogja-Surabaya gitu lhooo, bisa gempor ini kaki.

Setelah beberapa menit nunggu sms balesan, akhirnya kita tau kalo ada kereta Sri Tanjung, kereta ekonomi yang berangkat dari Jogja, tapi dari stasiun Lempuyangan (di mana kitapun nggak tau itu stasiunnya di mana :p). Paling nggak, bisa lega hati lah. Yang perlu dipikirin Cuma gimana caranya kita bisa bangun pagi-pagi hari Senin biar bisa dapet tempat duduk. Akhirnya kitapun balik ke penginapan.

Bukna nggak kalah kaget pas denger kalo kita keabisan tiket. Hahaha. Tapi tenang, sudah ada solusinya, kok. Kitapun segera siap-siap buat berangkat ke shelter bis Trans di Malioboro. Sekarang udah jam 9 dan kita masih ada di dalem kamar. Mana perut keroncongan belum sarapan.

Tapi tiba-tiba perutku bergejolak, padahal tadi pas mandi udah pup. Di antara kita bertiga, aku yang baru pup di hari ke tiga ini. Eh tapi lha kok aku keterusan gini ya. Aku pun segera berkesimpulan bahwa gejolak perutku ini berasal dari dua kotak susu yang kuminum pas malam harinya. Bukna sama Pipit tampak udah nggak sabar nunggu. Pas aku udah kelar, eh, si Pipit yang gantian masuk. Walah. Kitapun nungu lagi. Tapi nggak lama, soalnya ternyata si Pipit cuma tersugesti aja gara-gara liat aku kebelet. Ya walaupun aku ragu, emang ada ya ketularan kebelet pup? –”

Yawes nggak pake lama, kita langsung meluncur nyari sarapan (bakul soto lima ribuan, red.). Pupuslah harapan, bakul e wes kukut. Di tengah gundah gulana kita, lagi-lagi mataku menangkap rombong soto yang lain. Pertanyaannya adalah, kenapa harus soto lagi ? tapi yaudahlah nggakpapa, yang penting perut ini bisa segera terisi. Pucuk dicinta ulampun tiba, soto yang ini harganya juga lima ribu an. Hahahaha. Pas banget di kantong. Kita kan emang sudah berkomitmen kalo nggak bakal makan yang mahal-mahal,kecuali kalo pas perginya sama mas Nalar. Itu sesi hedon, beda lagi. :p

Kelar makan, kita langsung ke shelter. Cukup tiga ribu saja, kita bisa pergi ke mana-mana pake bis Trans. Asik lah pokoke, pengalaman pertama. Bis A1 tujuan Prambanan pun akhirnya dateng. Di dalem sudah lumayan banyak penumpangnya. Tapi alhamdulillah, kita masih bisa dapet tempat duduk.

Ada yang mengusik hatiku dan mengundang kekaguman tersendiri. Orang-orang di dalem bis ini (yang semoga menjadi sample nyata dari populasi keseluruhan masyarakat Jogja) begitu toleran satu sama lain. Kalo ada ibu-ibu, orangtua, yang berdiri, kita-kita yang lebih muda dan kuat berdiri akan otomatis memberikan tempat duduk bagi yang lain. Sungguh pemandangan yang lumayan bikin hatiku adem di tengah lamanya perjalanan menuju Prambanan. Sekitar satu jam-an, kita baru sampe di shelter Prambanan. Dan asal tahu aja yah, jarak dari shelter ke Prambanan tuh lumayan jauh. Tapi kita mutusin buat jalan kaki aja. Selain hemat, juga banyak barengannya jalan kaki. Tapi kalo Pipit sih, alasannya ”Mlaku ae lho, ben koyok tabul ambek ombul..”..

Nggak cukup dengan jarak yang lumayan jauh, Prambanan menguji kesungguhan kita dengan cuaca panas yang sangat menyengat. Sepertinya aku nggak mengambil keputusan yang salah buat make kaos lengan panjang. Hufh.

Sampai TKP, waow. Kagum banget gimana caranya orang-orang jaman dulu membangun bangunan yang demikian tinggi, tersusun dari batu-batu besar. Tanpa paku, tanpa semen. Hanya kekaguman. Aku Cuma bisa diam dan ngeliatin kompleks candi Prambanan. Kenapa disebut kompleks? Karena ada beberapa candi di sana.

Yah, as usual, kita foto-foto lah di sana. Naik dan masuk ke dalam candi. Banyak banget bule di sana. Tapi yang ganteng Cuma sedikit. Hahaha.

Untung deh di tengah sengatan panas yang sama sekali nggak ramah di kulit, aku ngelihat sebentuk makhluk Tuhan yang begitu menyejukkan. Ada bule yang masih muda, yah mungkin seumuran lah sama kita-kita, wajahnya nggak ganteng banget-banget sih, tapi terlihat ramah, menyenangkan, dan adfem kalo diliat. Huah. Sampe sekarang masi kebayang deh itu wajahnya masbul. ;p

Setelah puas keliling candi, kita pun otw keluar, setelah sebelumnya kita istirahat sambil makan jajan. Itung-itung nyiapin tenaga buat jalan balik ke shelter. Seperti layaknya tempat-tempat wisata lain, di sini pun banyak yang jual macem-macem barang yang bisa dijadiin oleh-oleh. Mulai baju, makanan, sampe asesoris macam gelng, kalung, dsb. Kita pun langsung tertarik sama salah satu stan, gara-garanya ada tulisan “1000 all item”. Hahahaha. Kapan lagi coba, beli asesoris seribuan. Apalagi kita trauma setelah diece sama mas2 belagu jualan gelang di Malioboro.

Dan bener aja. gelang-gelang di sana banyak macemnya. Langsung deh kita ngeborong banyak banget buat oleh-oleh. Kalo dijumlah, mungkin kita beli sekitar 50an gelang. Sampe dikasi bonus juga tuh sama masnya yang jualan. Di sini pun keterampilan Pipit si ratu nawar terbukti keampuhannya. Gimana nggak, dia berhasil beli kalung seharga 15.000 jadi separuhnya. Ckckckck. Walau disinyalir dia masih agak gak rela karena tadinya nawar tuh kalung jadi lima ribuan. Hehe, gapapa lah Pit, amal beb. J

Perjalanan pulang pun akhirnya kembali kita jalani. Setelah mampir warung buat beli es jeruk (sumpah di sana puanas banget, bikin dehidrasi), kita pun siap jalan jauh lagi.

Singkat perjalanan, kita sudah berada di dalam bis Trans. Penuh banget, akhirnya kita berdiri. Padahal ini kaki rasanya pengen diistirahatin, tapi gimana lagi deh, nggak ada tempat. Beberapa menit bis kita jalan, naiklah seorang ibu-ibu beserta anak cowoknya yang masih kecil. Di sinilah cerita tragis dimulai.

Kita bertiga berdiri di deket jendela kanan, depan pintu. Di sampingku berdiri, ada kursi yang diduduki mbak-mbak gitu. Ngelihat ada anak kecil tadi naik, dengan maksud baik, si mbak itu pun nawarin si anak buat duduk. Di luar dugaan, si anak itu gualak buanget.

SM : adek, mau duduk sini ya ? (sambil senyum, siap-siap berdiri buat nawarin kursinya)
SA : nggak mauk ! (mbengok)
SM : nggak papa kok, duduk aja.. (masih ramah)
SA : nggak mauuuuuuuu (mbengok gak biasa sambil ancang-ancang mau mukul si Mbak)

Buset. Akupun langsung mbatin. Mbak, mbak, mending nawarin kursi ke aku aja, nggak bakal tak tolak deh. Hehehe. Tapi sumpah aku jadi jengkel sama anak kecil tadi. Huh. Masih kecil aja kok gualaknya minta ampun. ckckckck

Jadilah selama hampir satu jam perjalanan, kita berdiri. Ada kursi kosong baru setelah udah deket Malioboro, tempat kita turun. Tapi nggakpapa lah, disyukuri aja. Satu kursi itupun kita pake duduk gantian bertiga (so sweet :3)

Nyampe shelter, sudah nggak ada minat lagi dari kita buat jalan-jalan dulu. Langsung, tujuan utama adalah kamar kita tercinta.

Karena nggak ada yang menarik selama kita di kamar, cerita langsung lanjut aja yaa. Setelah sholat Isya’, kita pun akhirnya nggak bisa lagi menolak keinginan perut yang udah laper banget. Gimana nggak laper, kan siangnya kita nggak makan apa-apa. Yaudah, akhirnya kita putusin buat nyari makan dulu sebelum lanjut agenda malam yaitu foto-foto di BNI. Kita sempet bingung mau makan di mana. Maklum lah, dua hari sebelumnya kan kita selalu sama mas Nalar kalo nyari makan malem. Nah hari ini kita bener-bener nggak tau mau makan apa. Mau makan di Malioboro kok katanya mahal-mahal. Kita nggak berani ambil resiko, soalnya ini dompet kudu masih siaga buat hari belanja besok sama buat beli tiket kereta buat pulang hari Senin nanti.

Setelah jalan keluar penginapan, kita akhirnya sepakat buat makan di warung depan penginapan. Dari tulisannya se, kayak semacam warung penyetan gitu. Yawes akhirnya kita duduk dan mulai pesen. Seperti biasa, aku menghindari makanan pedes buat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Hehehe. Nah kebetulan, di depan kita, duduk sepasang suami-istri –yang sepertinya baru nikah –habisnya masih sosweet gitu tingkahnya. Si Itsna ma Pipit pun langsung galau. Hahahahaha.

Singkat cerita, kita bersyukur karena rasa makanan di situ lumayan enak, dan harganya pun bersahabat. Akhirnya, setelah kenyang, kita langsung cuuus ke BNI. Pede banget kita jalan kaki menuju ke sana. Lima menitan kemudian baru kerasa, ternyata lumayan juga ya, padahal kalo naik motor rasanya deket banget.. yo iyolah !

Beberapa menit kemudian, sampailah kita di depan BNI. Sumpah ya, baru tau kalo Jogja ruameee buanget kalo Sabtu malem. Anak-anak mudanya pada keluar semuaa. Mulai komunitas fixie, sampai sepeda kuno. Ah, sepeda kuno, pasti memori itu masih melekat di hati Pipit.. (lebaayy.. heheh)

Lalu acara dilanjutkan ke niat semula, yaitu foto-foto.. baru kali itu rasanya aku foto-foto di pinggir jalan, trotoar. Tapi asik-asik aja sih, kan kita emang lagi jadi turis, :D
Entah berapa lama, mungkin sejam atau dua jam-an kita foto-foto di sana sampai puas. Sekitar jam setengah 11an kita memutuskan buat balik. Jadilah kita jalan lagi buat nyapai penginapan.

Waktu lewat Malioboro Mall. Kita tergiur liat orang-orang yang banyak pada makan eskrim. Akhirnya kitapun nggak jadi balik, malah mampir McD. Di situ kita cerita-cerita, makan eskrim, ngobrol sampe mualem. Mungkin jam 12 malem, mata udah nggak bisa diajak kompromi. Mungkin cuma mataku sih, soalnya aku yeng nge-rengek minta cepet balik ke penginapan. Dan mungkin juga Itsna sama Pipit udah capek denger aku nge-rengek, akhirnya kita pun balik. Ke penginapan. Ke kamar, kembali ke pelukan kasur kesayangan..

Dan pulau kapuk akhirnya menjadi pemberhentian terakhir hari ini..