Selasa, 14 Februari 2012

PLH Jogja ! #Day 2

0

Halo-halo jumpa lagi di pagi yang ceraaaahh !

Sekarang kita memasuki hari ke dua di Jogjakarta yang adem. Kemarin, kita berempat sudah sepakat buat pergi ke pantai Krakal atau Sundak untuk ngisi perjalanan hari ini. Setelah mengingatkan kalo pantainya jauuuhh banget, nggak lupa mas Nalar juga mengharuskan kita bangun dan berangkat pagi-pagi sebagai konsekuensinya, biar ga kesiangan nyampe sana. Akhirnya, aku mengumpulkan segenap tenaga untuk ngebangunin Itsna sama Pipit pagi-pagi, yang ternyata emang agak susah-susah gampang. Hahaha. Berasa jadi alarm deh pokoknya, selama beberapa hari ke depan.

Rencana semula yaitu berangkat jam setengah 8 tet tampaknya nggak bisa terealisasi. Gimana nggak, wong jam 7 lewat aja kita baru selesai mandi dan belum sarapan. Kalo nyari sarapan di jalan malah kelamaan, jadi kita mutusin buat nyari sarapan di Malioboro, yang emang sebelahan sama hotel kita. Dalam hati kita kuat banget berdoa, biar bisa nemu makanan yang murah. Setelah jalan dikit, mataku menangkap sosok gerobak soto, kayaknya pas banget nih buat sarapan. Itsna sama Pipit pun setuju, yawes makan soto aja, daripada kelamaan nyari, ntar berangkatnya bisa jadi tambah siang. Pucuk dicinta ulam pun tiba, soto ini nggak Cuma enak, tapi murah banget, 5 ribu saja ! dengan teh anget seharga 1500, lengkaplah sudah menu sarapan pagi ini.
Alhamdulillah, kenyang sudah perut ini, persiapan yang cukup mantap untuk menghadapi jauhnya perjalanan yang bakal kita tempuh. Kita pun jalan kembali ke penginapan. Masuk kamar, kita siap-siapin apa aja yang mau dibawa. Nggak lama kemudian, mas Nalar dateng. Setelah buka pintu kamar, kita cek-cek lagi ada yang ketinggalan atau nggak. Tiba-tiba mas Nalar nyeletuk,
”Wes nggowo ganti a? Ngkok kan teles-telesan, gak afdol lek gak nyebur..”
Denger kayak gitu, akupun langsung masuk kamar lagi, buat ambil kaos cadangan. Bego banget lah aku, bawa ganti kok cuma atasan, padahal yg pasti basah duluan kan yang bawah. Tapi sayangnya, kebegoan itu belum kusadari gara-gara terlalu excited mau pergi ke pantai yang bagus. Yo secara di Suroboyo cuma onok Kenjeran -,-

Jam 8 pagi. Trip to Krakal, dimulai.

Perjalanan diawali dengan ngisi bensin dulu, terus mampir ke masjid gara-gara mas Nalar dapet panggilan alam, yang tadinya kita sempet mikir kita bakal dibawa buat wisata religi dulu di masjid. Hehehehe.

Kita pun berangkat.

Kali ini sungguh-sungguh berangkat.

Harus nyetir cepet, katanya, kalo nggak mau kesiangan, soalnya mas Nalar ada acara nanti sorenya. Speed 60-70 km/jam pun menghiasi perjalanan kita. Agak macet di jalan-jalan kota. Tapi syukurlah kembali lengang pas masuk Bantul. Jalannya lurus-lurus aja dan lancar. Kanan-kiri nggak banyak rumah, tapi hamparan hijaunya sawah. Aku jadi ngebayangin Chacing lari-larian di sawah itu pake baju ijo juga, yang bikin dia samar-samar sama kayak tanaman padinya. Hahahaha. Sekitar satu setengah jam perjalanan, di kejauhan tampaklah suatu pegunungan. Bagus banget :D. Nah, mas Nalar pun bilang,
”Kamu tau nggak, pantainya di mana ?”
”Nggak, di mana emangnya?”
”Di balik gunung itu..”
Glek. Akupun nelen ludah, ”Jadi, kita muterin gunung itu?”
”Nggak, kita naik-turun gunung..”
Aku nggak sanggup berkata-kata.

Perjalanan pun dilanjutkan, sambil sesekali kita ngeregangin badan pas di lampu merah. Sumpah boyok rasanya pegel banget, padahal aku cuma tinggal duduk manis, nggak pake nyetir.

Kita ngelewatin banyak pemandangan menakjubkan. Hamparan sawah, hutan, pohon-pohon tinggi, ladang-ladang yang keliatan dari ketinggian, dan juga pedesaan. Telingaku udah ngerasa aneh, pertanda kita udah berada di ketinggian. Jalan meliuk-liuk khas dataran tinggi pun jelas terlihat di depan mata. Sesekali mas Nalar berhenti kalo aku bilang nggak ngeliat motornya Itsna.

Jalanan yang tadinya masih agak rame mulai jadi sepi, kita mulai masuk ke kedalaman. Sumpah treknya kayak tempat yang nggak terjamah. Jalannya sempit, di kanan-kiri Cuma ada pohon-pohon yang tinggi menjulang. Tanpa ada penerangan. Ngeri juga kalo malem-malem di sini. Cuma ada beberapa petunjuk jalan menuju beberapa pantai di sana (Krakal, Sundak, Baron) di persimpangan-persimpangan. Dua setengah jam berlalu dan di sekitar masih belum ada tanda-tanda daerah pantai. Akhirnya, biar nggak nyasar, aku disuruh nanya ke orang,
”Mbak permisi, arah ke pantai Sundak ke mana ya?”
”Oalah, lurus mbak, masi jauh..”
Deg! Masi jauh? Apa katamu? *seketika seperti ada suara gledek yang keras banget
”Oooh, maturnuwun nggih, mbak..” kataku sambil senyum.

”Masi lurus, mas..”, kataku ke mas Nalar. Minus kata-kata ”Masih jauh” karena aku nggak tega liat wajah temen-temen yang kayaknya udah mulai capek. Perjalanan rasanya udah jauh banget, dan mbak barusan bilang kalo ”Masih jauh..”, buset, jauh banget ini pantainya..

Tapi yasudahlah, masa mau mbalik setelah sejauh ini. Perjalanan pun dilanjutkan. Entah berapa puluh meter yang udah kita lewatin sampe akhirnya kita terharu ngeliat spanduk yang tulisannya ”Sundak, 50 meter lagi” (gitu lah kira-kira, aku lupa tulisan lengkapnya gimana). Kitapun macu motor lebih cepet. Tapi nggak urung, ini kaki butuh diselonjorin. Akhirnya kita mutusin buat berhenti bentar di pinggir jalan. Aku sama Pipit langsung gelesotan di jalan. Mas Nalar sama Itsna muter badan ke kanan-kiri, berdiri dari motor. Setelah ngulet-ngulet beberapa menit, kita lanjutin perjalanan yang tinggal sedikit lagi. Belokan, tanjakan, kita lewatin dengan semangat berapi-api ngebayangin pemandangan indah yang bakal nyambut kita nantinya.

Lupa di belokan ke berapa. Yang jelas, dari belokan itu, pertama kalinya kita ngeliat birunya laut Sundak. Spontan kita kegirangan, teriak nggak karuan. Sumpah itu rasanya nggak ada tandingannya. Rasanya capek selama perjalanan ilang seketika. Terharu, excited, pengen ndang nyampek dan ngerasain dinginnya air laut, halusnya pasir pantai. Subhanallah, karyaMU memenag mengagumkan.

Setelah nyampe, kitapun markir motor. Rasanya legaaa banget. Tapi sepertinya Itsna yang paling lega, karena apa???? Ternyata Itsna sudah demikian keras menahan panggilan alam yang sejak tadi dia rasain. Salut deh, buat Itsna. Selamat pu* dulu deh..

Kelar urusan sama kamar mandi, kita langsung excited foto-foto, dan Pipit keliatan banget excited pengen ndang ngisi botol kosongnya sama pasir pantai yang emang bagus banget. Warna kuning emas yang butirannya seperti bersinar-sinar tertimpa cahaya matahari. Langit bersih banget waktu itu, nggak ada awan, yang ada Cuma hamparan biru langit, bertemu dengan biru laut di satu garis di kejauhan. Subhanallah. Saya benar-benar merasa kecil sekali waktu itu.

Ngeliat karang yang menjulang di deket kita, langsung mas Nalar naik ke atas. Nggak lupa dia ngiming-ngimingin kita sama keindahan panorama dari tempatnya di atas karang. Pipit pun tertarik buanget dan akhirnya ikut naik.

Aku sebenernya pengen ikut naik, tapi sumpah takut nggak nyampek (ga peke ketawa ya, buat yang baca..). Akhirnya mas Nalar berbaik hati buat turun, trus mbantuin aku naik. Huhuw, makasi ya mas ya, aku terharu.. :3 . Setengah naikan, aku udah mau ditarik sama Pipit dari atas, tapi tiba-tiba aku takut nantinya nggak bisa turun.

”Lho, ya’apa kalo nanti aku nggak bisa turun?”, aku mulai bengok-bengok gak jelas.
”Westa mbak, iku urusan ngkok, sing penting munggah sek..”, kata Pipit sambil terus bilang kalo aku bakal rugi banget nggak liat pemandangan dari atas karang itu.
Dengan berusaha ngeberaniin diri, akhirnya aku nyampek juga di atas. Dan bener banget, sekali lagi aku berdecak kagum, speechless. Dari atas karang itu, keliatan gradasi warna laut Sundak mulai dari yang pinggir sampai ke tengah. Subhanallah, uapik.

Nggak lama kemudian, Itsna ikut naik ke atas karang. Puas deh kita foto-foto di sana. Sementara mas Nalar kita percayakan amanah penting untuk njagain tas sama sandal kita, hehehehe.

Seperti perkiraan semula, aku susah buat turun, tapi aku belajar banyak waktu naik tadi. Pokoknya pasti bisa, wong tadi naiknya bisa. Hahaha. Yah dengan susah payah nyari posisi yang pewe buat turun, akhirnya bisa turun juga. Walaupun ini tangan merah-merah kegores karang, dan ternyata telapak kakiku lecet juga. Hahaha. Tapi nggak masalah, pemandangan indah tadi bener-bener nutupin rasa perih lecetnya :D

Mainan dilanjutkan di bawah. Dinginnya air, riak-riak air dari gulungan ombak, dan jernihnya air bikin bener-bener jatuh cinta sama pantai Sundak ini. Bener-bener indah.

Dan mulailah Pipit melancarkan aksi cebur-ceburan. Aku ternyata kalah kuat dibanding dia, hoh, dasar. Akupun jadi korban keganasannya yang pertama. Karena susah banget njaga keseimbangan di pasir pantai yang glenyut-glenyut ga jelas gara-gara kena ombak, dengan sekali dorong, nyeburlah aku disitu. Nah, aku menyadari juga akhirnya kebegoan pertama, bawa ganti atasan doang. Sementara yang bener-bener kuyup adalah celanaku.. –“

Gara-gara diceburin Pipit, akupun jadi ketawa-ketawa dan bengok-bengok ga jelas lagi.. Beberapa detik sebelum aku menyadari kalau handphone-ku masih dengan manisnya ndekem di kantong celana. Akhirnya aku sadar, kukeluarin deh itu handphone dari dalem saku, airnya pun ngucur. Tapi syukurlah, handphone ku tahan banting kayak yang punya, jadi dia tetap bisa nyala dengan gagahnya.. Hahaha, Alhamdulillah ga jadi beli hape baru..

Yaudah, akhirnya kita mutusin buat main cebur-ceburan dan foto-foto sampek capek.

Waktunya sholat Jumat, sembari nungguin mas Nalar yang sholat, kita bertiga memutuskan untuk minum es klamud. Dan perutpun akhirnya keroncongan. Yaudah, beli mie akhirnya.

Sekitar jam 1 siang, kita berempat memutuskan untuk balik. Selain karena mas Nalar emang ada acara sorenya, kita juga udah pada capek. Kembalilah kita menyusuri jalanan yang bener-bener bikin pantat tepos dan boyok pegel-pegel. Tapi Sundak benar-benar telah menebus semua payah perjalanan kita..

Tengah perjalanan, mas Nalar yang laper pun nawarin kita buat mampir makan. Yaudah kita iya-iya aja, kasian dia belum makan. Jadilah kita berhenti ke suatu warung yang ternyata dulu jadi warung langganannya mas Nalar pas KKN. Sekalian nostalgia gitu ceritanya. Hehehe.

Langsung duduk, mas Nalar langsung pesen bakso. Pipit yang ternyata ngantuk berat, langsung nelungkupin kepalanya di meja, sementara tangannya tetep nggenggam botol berisi pasir Sundak. Aku pesen es jeruk.

”Mi, kamu gak makan ?”, tanya mas Nalar ke Mimi alias Itsna.
”Nggak wes.”
”Minum ?”
”Mmm, air putih”

Beberapa menit kemudian, baksonya nyampe. Minumnya nih yang kelamaan. Sampe baksonya habis, es teh nya mas Nalar, es jeruk ku baru dateng. Nah yang paling bikin kaget adalah

Jeng jeng !!

Datanglah segelas air putih d meja kita. Aku, Itsna, Pipit, pandang-pandangan nggak jelas, dan langsung ngakak beberapa detik kemudian.

Oalah mas Nalar lucu ancene, dikirain tadi Itsna pesen air putih, padahal maksudnya, Itsna nggak pesen minum, soalnya udah bawa air putih. Hahahaha

Selesai itu, perjalanan dilanjutkan. Dengan waktu perjalanan pulang yang hampir sama kayak waktu berangkatnya, syukurlah kita nyampe dengan selamat sampe penginapan.

Setelah ritual sholat dan bersih diri, kita yang kecapekan pun bingung mau ngapain. Mau ke Keraton juga capek kalo mesti jalan, pengen tidur tapi kok eman banget jauh-jauh ke Jogja malah tidur melulu. Yawes akhirnya kita putuskan buat jalan-jalan di Malioboro, sekalian Pipit ngambil duit di ATM. Syukur-syukur kalo bisa nemu oleh-oleh buat anak-anak di Surabaya. Sekalian juga kita mau beli kebutuhan kita selama hidup di sini 3 hari ke depan, ya semacam roti, air minum, dan yang paling urgent buatku adalah hansaplast buat kakiku yang habis kena karang.

Malioboro emang bikin pusing, rame banget. Nggak berapa lama, Pipit langsung mempraktekkan kepiawaiannya dalam menawar, soalnya dia naksir kaos barong-barongan. Yo ngene iki, masio nang Jogja, sing dituku malah kaos sing tulisanne Bali.. –”

Udah beli kebutuhan hidup, hansaplast, gantungan kunci buat oleh-oleh (yang tadinya harganya 25rebu, jadi langsung 10rebuan saja,, perlu belajar nawar dari Pipit lah pokoke, terbuaik !). Kemudian, si Pipit tiba-tiba ngerasa tertarik buat beli gelang di salah satu stannya mas-mas. Lalu terjadilah dialog yang sangat mencengangkan..

Pipit (P) : iki piroan mas ?
Mas-mas (M) : sing ndi ?
P : yo iki, iki kabeh..
M : yo bedo-bedo mbak..
P : yowes sing iki ?? (Pipit nunjuk salah satu model gelang)
M : 10ewu
P : huwik, larange  ! sewuan wah..
M : gak isok mbak (mulai sewot)
P : santai ae, mas.. yoweslah lek ngono, suwun yo mas..

Kitapun ngacir dari itu mas-mas. Di luar dugaan, sebelum kita bener-bener ngacir, si mas-mas itu tiba-tiba ngomong

“Lek wes nduwe duwik mbalek maneh yo mbak..”

Wuiiiihhh, songong puooooollll nada ngomongnya.. Sumpah. Kalo dalam ilmu pemasaran, pelayanannya buruk banget dah. Mana ada ceritanya penjual maki-maki pembeli kayak gitu. Huh. Yaudah lah, males banget mikirin mas-mas songong lebih lanjut.

Balik ke penginapan, kita langsung selonjoran lagi. Adzan Maghrib baru berkumandang. Setelah sholat, Itsna bilang kalo ntar malem bakal ditemenin jalan-jalan lagi sama guide terbuaik kita.. :D

Kelar sholat Isya’, mas Nalar sudah menanti. Di depan kamar, mas Nalar nawarin makan malem lagi..

MN : ayo, maem opo iki ?
A : sembarang lah
P : yo opo mas, sing khas Jogja lhoo
MN : opo yoo, gudeg ta ?
I : yang enak di mana, mas ? yang di jalan Wijilan itu ta ?
MN : iyo se, tapi onok maneh sing enak, gudeg Sagan, gudeg e gak terlalu manis..
A : yawes iku ae ! (aku emang gak terlalu suka gudeg yang muanis, kan secara aku wes manis :p)
MN : oh iyo, aku wes nemu oseng-oseng mercon sing enak ! mrono ae tah ?
P + I : EMOH !!!
A : (mek iso ngguyu ndelok betapa traumatisnya Pipit ambek Itsna mendengar kata-kata oseng-oseng mercon, hahahaha)
MN : haduh, iyo-iyo wes, gak. Ayo nang gudeng Sagan ae.. Maringono foto-foto nang Tugu ta ? rame lho..
A + P + I : okeh, budaaaall

Kitapun budaaall menuju gudeg Sagan. Beberapa menit kemudian, pas nyampe,aku Itsna ma Pipit dibuat ternganga sama tempatnya gudeg Sagan yang agak-agak di luar dugaan. Tempatnya baaagguuus,, terkesan mahal gitu, padahal harga makanannya yo biasa aja. Akhirnya kita pesen menu yang sama, yang paling murah. Hehehe, maklum lah, minimalisasi pengeluaran, anak rumahan berlatih jadi anak kos selama di jogja. Hehehe.

Pesanan datang, kita pun makan dengan lahappp. Alhamdulillah porsinya cukup bisa bikin perut kenyang. Selesai makan, kita nggak langsung cabut. Habis tempatnya pewe banget. Trus mas Nalar keasikan denger lagu-lagu lawas yang dimainin pake live music di sana. Ah, 4 jempol pokoknya buat gudeg Sagan.

Jalan-jalan malam hari ini pun dilanjut ke Tugu. Dan ternyata ruame banget. Di Tugu-nya nggak ada spot buat foto-foto, penuh. Akhirnya kita nunggu dulu, ngacang sambil foto-foto di pinggir jalan. Sementara mas Nalar masih asik dengan pikirannya sendiri yang pengen banget nyamperin artis yang lagi syuting di seberang jalan.. artis FTV mungkin, gak gitu jelas juga sih..

Setelah Tugu agak sepi, barulah kita akhirnya foto-foto di sana. Dan seperti biasa, terimakasih sebesar-besarnya kepada mas Nalar yang telah dengan ikhlas menjadi juru foto dadakan. Hehehe. Soalnya, seringnya aku, pipit, sama itsna yang pose-pose dan minta difotoin. Tapi gitu-gitu, mas Nalar dapet foto buagus di sini. Foto yang jadi idamannya, sampe ngeyel banget pengen ndang diupload.. :p

Puas foto-foto, kita akhirnya berencana untuk foto-foto lagi di depan BNI. Cabut lah kita ke sana. Eh tapi ternyata di sana pun lagi ruame. Alhasil, kita putuskan buat duduk-duduk di sepanjang jalanan Malioboro yang depannya Benteng. Dan seperti malam sebelumnya, petualangan hari ini ditutup dengan mas Nalar yang ngeronde, kami bertiga yang mulai ngantuk, serta Jogjakarta yang masih bergeliat aktif menuju tengah malam..

0 komentar:

Posting Komentar