Senin, 13 Februari 2012

Buku Harian PLH : Jogja ! #Day 1

Hari itu hari Rabu, kami memutuskan untuk tetap berangkat, walaupun angota keberangkatan udah merotoli satu-satu hingga menyisakan tiga orang saja, maul, bukna, dan pipit(yang paling antusias). Belum nyampe Jogja pun, pagi itu kami udah cari-carian gara-gara masuk lewat pintu yang beda di stasiun Gubeng. Dan pertemuan kita di tempat orang nyanyi-nyanyi di stasiun itu dibuka dengan gelak tawa si Pipit karena ngeliat bawaanku sama Itsna yang udah kayak orang mau pulang kampung. Hahaha. Sebenernya aku juga pengen ketawa, sih. :p

Nggak lama kemudian, kereta kita dateng. Karena mas-mas priuitan tetangganya Pipit nggak ada, kita putuskan buat ndang masuk kereta.

Bismillahitawakkaltu alallah laahaulaa walaakuwwata illaabillah

Selamat jalan Surabaya, kita mau ke Jogja dulu.

Sekitar dua jam-an berlalu, di kereta bisnis yang kita naikin, kebosanan mulai melanda. Padahal masih ada waktu sekitar tiga jam lagi buat sampai Jogja. Iseng, akhirnya kita ngamatin pegawai-pegawai kereta yang lewat. Mulai dari yang nawarin bantal, nawarin nasi goreng, sampe nawarin lumpia. Kemudian tanpa diduga sebelumnya, mas-mas yang nawarin bantal jadi korban pertamanya Pipit, gara-garanya dia bilang.

”Eh mbak, mas iku lek teko samping lho mirip mas Postulata yo..”

Aku sama Itsna yang udah setengah ngantuk akhirnya interest banget buat liatin masnya. Eh ternyata beneran mirip. Kita akhirnya ketawa. Eh tapi nggak sampe di situ aja ternyata. Si Pipit nyeletuk lagi.

”Lek teko ngarep lho mbka, koyok arek abal-abal sing duwe tato..”

Setelah beberapa tebakan panjang, terungkaplah bahwa ternyata yang dimaksud Pipit adalah mas Uye.. –”

Nah yang paling spesial sebenernya si mas-mas yang nawarin lumpia, karena kepada sosoknya lah, Itsna menautkan sebelah hatinya. Hahahahaha. Nggak main-main, tambatan hati Itsna ini mirip artis lho, itu tuh, si Benu Bulo yang jadi host acara makan-makan di trans tv. Sejak itu, kami memanggilnya aa’ Benu, dan kurangajarnya, kita selalu ketawa pas orangnya lewat. Hahahaha. Maaf ya, Bolet, eh, Benu maksudnyaa.. :p

Bosen sama pegawai kereta, akhirnya mainan kita ganti deh. Gara-gara sejak awal perjalanan tadi, kan ada keluarga yang duduk di depannya Pipit, nah ada anak kecilnya, cewek, lucu banget. Tuh anak kecil, yang kita pun nggak tau siapa namanya, dari tadi ngamatin kita bertiga. Begejekan terus se. Hahhaha

Sebenarnya, anak kecil itu juga cantik lho. Aku bilang, itu anak mirip banget sama kecilanku dulu, tapi segeralah statement itu dianggap suatu pencemaran nama baik buat si anak. Walaupun pada akhirnya, kalian berdua mengakui, kalo aku sama anak kecil itu emang mirip.. :D   Gaya malu-malunya dia juga ngegemesin banget. Wah, pengen tak bawa pulang sakjane. Heheh

Yak, jam menunjukkan pukul 12, tepat laju kereta yang kita tumpangi berhenti di stasiun Tugu.

Jogja ! here we come !

Awalnya kita duduk-duduk dulu, menenangkan diri. Halah. Hahaha. Salah-salah, yang bener, kita lagi bingung nyari yang mana pintu selatan. Soalnya, berbekal petuah temen saya yang udah 4taun kuliah di jogja, kalo mau ke penginapan Trim Dua(penginapan yang jadi jujugan kita), keluar dari pintu selatan stasiun Tugu, trus noleh kiri dikit, nemu deh itu penginapan. Karena nggak bawa kompas, akhirnya kita mutusin buat nanya. Seharusnya aku dikasi 4 jempol, karena waktu itu nggak ada yang berani nanya kecuali aku..

Sekeluar dari pintu selatan, kita jalan ke arah kiri. Emang banyak banget penginapan dan rental-rental gitu, tapi Trim Dua belum keliatan juga. Aku pun ngomel merutuki petunjuk temenku yang katanya ”noleh kiri dikit” udah nemu penginapannya. Lha wong ini udah nggak noleh lagi namanya, jalan rasanya udah lama, mana berat lagi bawaannya, tapi belum keliatan juga. Beberapa langkah kemudian, akhirnya terlihat, hotel Trim Dua. Huah. Alhamdulillah yah. Udah nggak kuat bawa bawaan segede gaban kayak gini.

Kamar nomor 15.
Ya, overall kamarnya nyaman kok, untuk ukuran 95ribu per malam. Kamarmandinya bersih, kasurnya enak. Dan yang paling penting, cukup buat kita bertiga.

Setelah ritual bersih diri dan sholat Dhuhur, tour guide terbuaik sepanjang masa alias masnya Itsna datang juga. Mari kita kenalken, namanya adalah mas Penalar Arif Budiman. Ojok diwalik-walik lho, Pit..

Setelah nyewa motor, jam setengah dua-an, kita putuskan buat cabut. Karena nggak tau apa-apa tentang obyek-obyek yang out of the box di jogja, kita akhirnya nurut-nurut aja sama kata tour guide. Samas. Tujuan pertama kita. Embel-embel pantai dan mercusuar bikin kita semangat, tapi krucuk-krucuknya perut ternyata minta diprioritaskan. Akhirnya kita cari makan deh. Makanan pertama yang masuk ke perut kita selama di Jogja adalah.. jeng jeng jeng.. loempia Boom ! lumpia macam apakah itu ? kita sempet sangsi, gimana rasanya lumpia dimakan pake nasi. Tapi ternyata, maknyus tenaaann.. Murah meriah mengenyangkan ! haha

Perjalanan pun dilanjutkan. Dengan niat untuk menyeimbangkan beban, Itsna ngeboncengin si Pipit, sedangkan aku kebagian sama mas Nalar. Enak lah, sama guide, jadi nggak mungkin nyasar. :p

Sekitar dua jam perjalanan, sampailah kita berempat di Samas. Great view ! apalagi buat orang yang kebiasaan tinggal di kota macam aku, biasa ngeliat mall, jalan raya. Giliran ngeliat pemandangan ijo, sawah, jadi agak berlebihan gitu kagumnya. Hehe. Tapi serius, pemandangan baik di perjalanan, maupun sampe Samasnya emang beneran bagus bangeeeett..

Pertama kita jalan ke mercusuarnya. Tapi malang, nggak beruntung banget kita, karena pas mercusuarnya ditutup. Padahal di kepala ini udah muter-muter banyangan pemandangan yang bisa dilihat dari ketinggian. Pasti bagus banget. Tapi, yah, apa boleh buat. Akhirnya kita foto-foto di bawah mercusuarnya aja lah.

Kelar foto-foto di mercusuar, kita jalan menuju pantainya. Lokasinya sepi sih, nggak kayak obyek wisata pada umumnya. Tapi justru itu yang bikin keren. Coba aja banyak tempat kayak gitu di surabaya, kan enak.

Sesampainya di pantai, kita dikejar-kejar ayam. Hahaha. Ngelamak ancen ayame. Tapi toh itu nggak mengaruhin kekaguman kita sama pemandangan di sana.

Ombak besar yang menggulung-gulung, angin yang kenceng banget. Subhanallah. Bener-bener maha karya Sang Pencipta. Waktu sore kita abisin buat foto-foto sama nikmatin suasana di sana. Nggak kerasa udah setengah lima, padahal kita belum sholat ashar. Akhirnya kita mutusin buat pulang. Di perjalanan keluar Samas beberapa meter, aku sama mas Nalar dibikin bingung. Gara-gara Itsna sama Pipit nggak nongol-nongol. Males kelamaan nungguin, akhirnya kita mbalik, dan ternyata mereka habis foto-foto di jalan. Tepatnya di sebuah pohon yang tampak sedang meranggas, menyisakan ranting-ranting cokelat tanpa daun. Mereka jadi berasa ke luar negeri manaaa gitu yang ada musim gugurnya.. Ckckckck.

Biar sempet, sholat ashar pun kita lakuin di Masjid Agung Bantul. Masjid ini bagus lho, gaya arsitekturnya pake kayu-kayu gitu. Banyak ukirannya juga. Trus mimbarnya, bentuknya kayak wayang. So tradisional lah pokoknya.

Sebelum pulang ke penginapan, mas Nalar ngajakin kita ke alun-alun buat malemnya.

”Enak, nang alun-alun ae, onok sepeda warna-warni, lucu-lucu. Sak uwong numpak biasane limangewu..”, kira-kira begitulah iming-iming dari mas Nalar. Siapa sangka kalo ternyata dia sendiri belum pernah naik itu sepeda -_________-!!

Setelah sholat isya’ dan mandi, mas Nalar pun udah nunggu di depan kamar. Perut kita kembali keroncongan. Maknyusnya lumpia boom sudah terbawa angin di Samas kanyaknya. Haha. Mas Nalar pun ngajakin kita makan oseng-oseng mercon. Dari namanya, aku udah ngeri, takut kalo perutku tiba-tiba nggak bisa kompromi dan malah bikin aku wisata di kamar mandi melulu, dalam hati aku mutusin kalo aku bakal pesen menu lain aja nanti.

Sampe di warungnya, mereka bertiga pesen oseng-oseng mercon, sedangkan aku, pilih aman, pesen soto. Ya walaupun agak nggak matching ya, malem-malem makan soto, tapi nggak apa lah.

Ohiya, oseng-oseng mercon itu, sejenis oseng-oseng daging, yang pedesnya minta ampun.

Setelah pesanan di depan mata, kitapun makan. Aku bisa melihat kekecewaan dari mata mereka bertiga, dan dari omelan-omelannya Pipit sama Itsna juga tentunya. Ternyata, di oseng-osengnya itu bukan daging, malah banyak gajihnya. Hahaha. Nggak rugi deh aku pesen soto. :p

Tapi mau nggak mau, diabisin juga itu makanan. Itsna sama Pipit se nggak masalah, tapi mas Nalar ini lho ternyata kepedesan sampe kayak orang frustasi. Hwahahaha. Salah siapa ngajakin makan oseng mercon :p

Perjalanan dilanjutin ke alun-alun. Buseeeett. Alun-alunnya ruame banget. Di sinipun kita cari-carian lagi. Agak lama lho muter-muter, sampe akhirnya ketemu dan kita cari parkiran. Segeralah kita milih-milih sepeda warna-warni, dan mas Nalar yang kebagaian nawar. Hehe. Akhirnya pilihan jatuh ke sepeda setengah odong-odong. Dapet 20ribu tiga puteran. Lumayan banget, karena alun-alun tuh luasnya minta ampun. Awal naik, Pipit semangat banget buat nyetirnya. Walaupun akhirnya pertahanannya runtuh juga karena usut punya usut ternyata yang bagian nyetir tuh, nggenjotnya kerasa lebih berat. Padahal bagus banget lho waktu itu, Pipit menghayati banget perannya sebagai mbak becak.. hahaha

Kelar muterin alun-alun, kita nyoba mecahin mitos pohon beringin yang ada di sana. Giliran pertama jatuh ke Itsna, setelah diputer-puter, dia nyoba jalan ke arah lurus, antara dua pohon beringin., tapi akhirnya gagal, karena dari awal dia udah ga percaya sama petunjuk arah yang kita kasih. Nah lho salah sendiri kan :p . Setelah kita berempat nyobain satu-satu, katanya sih, aku yang paling mendekati. Walaupun tetep aja, akhirnya melenceng. Tapi terbukti, keteguhan hatiku yang paling kuat di antara kalian,, hahaha :p
Yang nyebelin, setelah kita semua udah nyobain, mas Nalar tiba-tiba bilang gini
”Sakjane sing bener gak atek diputer-puter, yo iku sing nggarai melenceng-melenceng mlakune..”
Oh men, untung di sekitar lagi nggak ada benda berat, jadi niat untuk menganiaya mas Nalar kita batalkan.

Touring hari pertama inipun ditutup dengan seruputan angetnya ronde di pinggir alun-alun, bersama bayangan tentang mas Benu di kereta, kencengnya angin di Samas, maknyusnya lumpia Boom, oseng-oseng mercon, dan mitos beringin yang ternyata susah juga dipecahin (gara-gara petunjuk sesatnya mas Nalar..)

Terimakasih Jogja, untuk hari pertama yang indah..