Selasa, 17 Januari 2012

saya KKN dulu sebulan :)

0

Selamat soree..
Seperti hari-hari belakangan, sore ini pun hujan. Hujaman jarum-jarum air itu tidak henti membuncah dari langit. Aku memutuskan untuk posting dulu sebelum berangkat. Berangkat ke mana ? KKN.

Mungkin postingan kali ini akan sangat tidak penting. Ya, aku cuma memenuhi keinginan diriku sendiri buat posting. Tanpa tahu mau posting tentang apa.

Besok aku berangkat KKN, di desa Birem, Kabupaten Sampang. Sejak awal tahu bakal KKN di sana, pertamanya shock. Soalnya aku ngarep banget bisa KKN di Surabaya aja. Tapi ternyata yaah, ditempatin di sana. Mulailah aku nyari-nyari informasi tentang itu. Nyoba nelusurin lewat google map buat nyari lokasinya. Trus dibantuin anak2 browsing tentang keadaan di sana juga. Sampe sempet nangis juga, walaupun sedikit, karena air agak susah di sana. Buatku, air itu salah satu hal yang krusial. Di sana, sumber air utama tuh ya air hujan. Sumur dan kamar mandinya mengandalkan curah hujan. Kalo nggak hujan, it means nggak bisa mandi. Di sana juga jauh dari mana-mana. hahaha. Desa buanget pokoknya. Tapi, pemandangan di sana bagus banget lo. Sawah-sawahnya masih hijaaaauu banget. Luas. Hawanya juga sejuk, enak. Khas pedesaan..

Masih inget pas survei. Aku ngeyel ikut. Pengen tau tempatnya, sekaligus nyiapin mental sama kondisi di sana. Ya emang bener aja, nggak jauh beda sama yang aku temuin pas browsing ma anak-anak. Sumur sama kamarmandinya tuh tadah hujan. Kalo nggak hujan ya nggak mandi. Nggak cuci-cuci. Sumur pun nggak jernih. Pokoknya shock banget lah pas nyampe sana. Untungnya, so far, orang-orang di sana sangat welcome dan baik hati. Jadi, bisa agak terobati lah sama suasana yang menyenangkan di sana.

Sejak hari itu, pikiranku udah melayang ke mana-mana. Masih ada sedikit perasaan nggak terima. Desa-desa KKN di Surabaya jumlahnya jauuh lebih banyak daripada yang di sana, tapi kenapa aku nggak bisa nyempil di salah satunya. Temenku cowok malah dapet di Surabaya, yang deket rumahku lagi. Huah. Dongkol rasanya.

Tapi, setelah dikasi wejangan macem-macem sama anak2, disemangatin, pelan-pelan rasa nggak terima itu mulai ilang. Walaupun belum ilang sepenuhnya sih. Tapi mau gimana lagi coba. Mau aku nangis semaleman juga tetep bakal KKN di sana. Yaudah, diterima aja.

Nah, satu bulan jauh dari rumah juga hal yang baru buatku. Hmmh.

Pokoknya, sekarang ini, di H-1 keberangkatan, aku cuma mau berdoa yang banyak. Semoga nanti selama KKN, aku dan semua anggota kelompokku diberi kesehatan sama Allah. Semoga segala sesuatunya berjalan lancar. Semoga semua program kerja bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat buat warga desa yang kami tempati. Semoga di sana selalu berkecukupan air. Untuk orang-orang yang mbaca blog ini, aku minta doanya juga yaa. Banyak hal yang bakal jadi pengalaman pertama dan baru buatku selama KKN nanti. Aku bakal ulangtahun di sana. Jauh dari orang-orang yang aku sayang di Surabaya. Padahal, kalo inget pas ultah ke 20 kemarin, banyak surprise dari anak2. Dari GEMARA, dari GMSI juga, semuanya. Entahlah, semoga aku dapet hal yang jauh lebih berkesan nanti pas ultah di sana.

Buat kamu, jangan nakal.. :p

Lalu buat diriku sendiri, semangat. Kamu pasti bisa ngejalanin ini semua. Memang bakal banyak tantangan, tapi kamu pasti bisa nyelesainnya dengan baik, seperti yang selama ini kamu lakukan. Kamu udah biasa ke hutan macam Cuban Rondo sama Kakek Bodo. Kamu udah biasa ngelakuin hal-hal berat macam bawa bawaan segambreng naik kereta ke Malang, jalan jauh pas di Jogja, naik motor dari Coban-Surabaya. See ? semua itu ada beberapa yang baru buatmu, tapi kamu berhasil ngejalanin semuanya dengan senang. Jadi yang ada di depan mata ini, kamu juga harus bisa. Entah apakah nanti kamu akan menangis, bersedih, kangen sama orang rumah, just face it.

Suwi-suwi alay yo, ape KKN sak wulan ae kok koyok apene gak mbalik maneh. Haahaha. Yaweslah, sekian posting kali ini. Mohon doa bagi siapapun yang membaca.

Semoga di sanapun aku bisa posting :)

0 komentar:

Posting Komentar