Jumat, 06 Januari 2012

lebih dari sekedar cepek :)

2

Bukan peandangan yang asing lagi kalo kita ngeliat ada "polisi cepek" di jalanan. Beliau-beliau ini ngebantuin buat ngatur lalu lintas, biar lebih lancar.

Suatu saat, aku dibonceng temenku naik motor. Dan waktu nyeberang di salah satu jalan, ada bapak polisi cepek-nya di situ. Aku pun ngerogoh kantong buat nyari cepek,
ternyata aku ga nemu duit kecil, bahkan seribuan pun ga ada. Mau ambil di dompet pun kelamaan (secara dompetku ada di dalem tas yang anak2 suka bilang "hutan belantara"), akhirnya aku putusin buat bilang makasih aja ke bapaknya.

Motor kita pun melintasi beliau, dan aku bilang "makasih pak.." sambil senyum. Dugaan pertamaku, si bapak mungkin nggak bakal ngereken, kan cuma ucapan makasih. ga ada duitnya. Tapi di luar dugaan, sang bapak tersenyum dengan lebarnya sambil bilang "nggih mbaak, monggoo..".
Subhanallah.

Agak terkejut dapet respon yang segitunya dari si bapak. Padahal waktu itu, sebelum motor kita, ada beberapa mobil yang duluan melintas. Yang notabene mobil-mobil itu ngasi duit (entah berapa) ke bapak polisi cepek. Dan respon beliau juga datar-datar aja, cuma ngantongin duit, udah. Lah siapa yang nyangka, kalo ucapan makasih dari aku bisa dapet respon yang segitu ramahnya dari si bapak ?

Lebih dari sekedar cepek, lebih dari sekedar uang. Aku nggak bisa tau apa yang membuat si bapak terlihat begitu senangnya. Begitu senang mendapatkan ucapan terimakasih dibandingkan ketika ada uang yang nangkring manis di telapak tangannya. Entahlah, apa yang ada di pikiran beliau. Mungkin, ucapan terima kasih lebih jarang beliau dapatkan daripada uang. Mungkin, beliau senang, ada yang menghargai pekerjaannya, daripada sekedar memberi uang tanpa sedikitpun menoleh padanya.

Dan mungkin, seulas senyum dan ucapan terimakasih mampu membuatnya merasa sejuk di tengah terik yang panas :)

2 komentar:

  1. You have really done a great work to share the hidden art of the great man. It is really a nice work by them. Thanks a lot for this
    Dodge Diplomat AC Compressor

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah,,

    thankyou for reading :)

    BalasHapus