Sabtu, 24 Maret 2012

hanya terlihat lebih indah :)

2

A : "coba kamu liat juga bintangnya pas di Sempu, baguuus banget.."
B : "hanya terlihat lebih bagus kan ?"

Itulah salah satu petikan percakapanku dengan seseorang, melalui sms. Setelah sehari sebelumnya aku dan 10 orang teman pergi berpetualang di Pulau Sempu. Salah satu momen tak terlupakan adalah waktu kami tiduran bersama di tepi pantai. Kepala menghadap ke langit, bersua dengan keindahan maha dahsyat ciptaanNYA. Langit malam Sempu yang penuh taburan bintang. Berharap ceritaku mendapat respon semacam "oh yaa? pasti bagus" atau "waah, jadi pengen liat juga". Tapi ternyata salah. Hahaha. Kamu selalu tidak terduga memang.

Kemudian percakapan itupun berlanjut. Aku yang awalnya tidak mengerti akan respon dengan tanda tanya itupun akhirnya mengerti juga. Bintang itu bagaimanapun tetap sama, hanya ada beberapa hal yang membuatnya "terlihat" lebih indah. Mungkin dari keadaan langit yang mendung atau cerah, keadaan sekitar yang gelap atau terang, tempat kita melihatnya, atau bahkan dari suasana hati yang berbeda. Still don't get the point ?

Begini, konsep tadi akan bagus sekali jika diterapkan dalam cara kita memandang kehidupan. Ambil contoh kita punya temen yang kaya banget. Mobilnya satu minggu ganti-ganti terus, gadget selalu yang keluaran terbaru, tiap ada film baru pasti nonton, dan lain sebagainya. Sekilas, pasti kita mbatin "enak banget ya hidupnya" atau "indah banget hidupnya" atau malah "coba bisa tuker hidup sama dia". Ya memang itu wajar, tapi coba deh kita pikir-pikir lagi, bener nggak sih hidupnya dia memang lebih indah ? Atau hanya "terlihat" lebih indah ?

Bukankah pada hakikatnya, setiap manusia punya hidup yang sama ? Iya lho, sama. Dalam hidup ini, mana ada sih orang yang kehidupannya sedih terus ? Mana ada yang kehidupannya seneng terus ? Mana ada manusia yang hidup tanpa berjuang ? Nggak ada. Manusia hidup di dunia dengan kesamaannya untuk tertawa ketika senang, mungkin menangis ketika sedih, menyesal ketika mengambil pilihan yang salah, dan banyak hal lain yang sebebnarnya sama-sama kita alamin sebagai makhlukNYA yang hidup di dunia. Mungkin, perbedaan kondisi yang menyebabkan kehidupan orang lain "terlihat" lebih indah. Padahal, tentu kamu belum pernah mencoba menjadi dirinya kan ?

Allah itu Maha Melihat apa-apa yang tidak mampu dilihat manusia. Allah juga Maha Mengetahui apa-apa yang tidak diketahui manusia. Jadi, mulai sekarang, yuk, lihat hidup kita dulu. Coba berhenti membanding-bandingkan sesuatu yang nggak penting, yang nggak membawa kebaikan apapun buat kita. Fokus buat bagaimana baiknya menjalani hidup yang kita punya. Usia manusia nggak ada yang tahu, akan terlalu sayang jika kita menghabiskannya untuk menyesali betapa hidup kita buruk dan hidup orang lain lebih indah.

Selalu ingat, bahwa Allah selalu memberi keindahan-keindahan di sekitar kita. Ayo buka mata, hati, telinga, dan pikiran kita. Yakini bahwa segala ketentuanNYA pasti indah buat hidup kita :)

2 komentar:

  1. Setuju, itulah yang disebut hikmah, karena apapun yg diciptkan Alloh Swt pasti yg terbaik buat umatnya.

    BalasHapus