Sabtu, 26 Agustus 2017

Kajian Tauhid: K.H. Abdullah Gymnastiar

0

Image result for iman islam
pict from: favim.com

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Kajian Tauhid tanggal 9 Juli 2017

Oleh Ust. Bendri Jaisyurrahman dan K. H. Abdullah Gymnastiar

1. Salah satu ciri amal ibadah kita diterima di bulan Ramadhan adalah di bulan-bulan selanjutnya ibadah kita tetap istiqomah, bahkan lebih baik lagi.

2. Orang beriman ketika mendapatkan masalah, hal pertama yang diperiksa/dievaluasi adalah hubungan antara dirinya dengan Allah SWT.

3. QS Al-'Asr: 1-3
Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang (1) beriman, (2) dan mengerjakan kebajikan serta (3) saling menasihati untuk kebenaran dan (4) saling menasihati untuk kesabaran.


4. Beriman = paham kebenaran. Memupuk keimanan adalah dengan:
A. Ilmu. Sebaik-baik ilmu adalah ilmu mengenal Allah SWT. Pahami Al-Quran, tidak sekedar membaca, namun juga mempelajari terjemahnya.

B. Berkumpul dengan orang-orang yang yakin dengan Allah.

5. Beramal sholeh kuncinya adalah dua hal. Yang pertama adalah niat yang ikhlas. Yang ke dua adalah beramal dengan cara yang benar.

6. Saling menasihati dalam kebenaran. Orang yang bodoh, ketika mendengar/mendapat nasihat kebaikan/kebenaran, dia akan (1) membentengi dirinya/defensif, (2) mencari alasan/pembenaran, dan (3) balik menyerang orang yang menasihatinya.

7. Sabar dalam tiga hal:
A. Sabar dalam ketaatan.
B. Sabar dalam menjauhi maksiat.
C. Sabar dalam menghadapi cobaan.


Banyak-banyak melihat diri sendiri, jika masih sering sedih, galau, khawatir, itu tandanya kita kurang percaya kepada Allah. Padahal, tidak sedetik pun Allah lupa memberikan kita nafas. Padahal, tidak sesenti pun Allah lalai menata orbit benda-benda di angkasa. Mari saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga Allah senantiasa memeluk kita dengan hidayahNya.

Wallahu'alam bishshowwab

0 komentar:

Posting Komentar