Minggu, 10 November 2013

Moonbow

4

Kemarin sore aku buka chat whatsapp dari salah satu adek angkat(an), yang ternyata isinya adalah gambar pelangi di malam hari. And she said "mbak, ternyata pelangi bisa ketemu sama bintang, namanya moonbow :))".

Jujur itu juga baru aku tau, aku pernah sih lihat bulan yang dikelilingi pelangi, tapi di gambar yang dikirimi sama adek angkat(an)ku itu, pelanginya besar banget, bukan mengelilingi bulan kayak yang pernah aku lihat. Pelanginya berbentuk setengah lingkaran, besar, seperti pelangi yang biasa kita lihat di siang hari, setelah hari hujan.

Lalu aku tiba-tiba tertarik, langsung deh, googling. Jadi, fenomena moonbow ini terjadi ketika kelembaban udara dibiaskan oleh cahaya yang dipantulkan sama bulan. Karena jumlah cahaya yang relatif kecil atau sedikit (karena sifatnya cuma pantulan dari bulan), moonbow ini nggak sejelas pelangi yang biasa kita lihat waktu hari terang. Bahkan, seringkali moonbow hanya terlihat sebagai pita cahaya berwarna putih. Oleh karena itu, moonbow juga biasa disebut black rainbow, white rainbow, atau space rainbow.

Kayak gini nih, yang namanya moonbow..

pita setengah lingkaran super besar

serupa pita besar warna putih, tuh bulannya kelihatan

pelanginya ketemu sama bintang

Bagus banget kaaaan?? :))

Pelangi itu mau pagi, siang, sore, malem, tetep aja bagus.

Tapi, menurutku, pelangi jauh lebih indah ketika sinar yang membentuknya adalah sinar yang langsung dan utuh dari matahari, bukan sekedar pantulan. Dengan sinar yang utuh, warna-warninya lebih jelas terlihat, jadi lebih bisa mengukir senyum orang-orang yang menikmatinya ketika keluar rumah selepas turun hujan :)

Mungkin, pelangi tidak berjodoh dengan kegelapan :)


sumber:
Wikipedia

4 komentar:

  1. baru tau gua ada pelangi di malam hari. keren
    fenomena langka ya?

    mampir ke blog ku juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, emang langka, soalnya keberadaan monbow ini bergantung sama beberapa faktor, di antaranya tuh posisi bulan sama kondisi cerah tidaknya langit. gituu.. hehe

      makasi udah mampir yaa, zega :D

      aku udah kasi komen juga kok di postinganmu yang kopi berkonspirasi :p

      Hapus
  2. Balasan
    1. iyaa, pelangi mau siang mau malem ya tetep aja bagus.. hehe

      makasih udah mampir, salam kenal Titis :)

      Hapus