Senin, 13 Februari 2023

Fit in A Fun Way with Pound Fit!

0


Pound Fit, ada yang mulai familiar dengan jenis olahraga yang satu ini? Yaps, baru-baru ini pasti sudah sering berseliweran update-an mengenai pound fit di sosial media. Olah raga kardio yang dilengkapi dengan sepasang stik warna hijau ini memang sedang menjadi primadona di kalangan anak muda. Sebenernya, pound fit ini dari mana sih, asalnya?

Jadi, pound fit sendiri pertama kali diciptakan sama dua orang mantan pemain drum di California, Amerika Serikat, yaitu Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom. Awalnya, mereka menggabungkan gerakan menabuh drum dengan unsur kardio yang terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates. Menurut Potenza dan Peerenboom, gerakan yang ada pada olah raga pound fit ini memungkinkan tubuh untuk bergerak secara simetris dan bertenaga, sehingga bisa membakar banyak kalori. Wow, cocok nih, buat yang mau mengurangi berat badan in a fun way! Di Indonesia sendiri, pound fit mulai masuk sekitar tahun 2016, dan mendapatkan sambutan yang luar biasa positif dari masyarakat hingga saat ini.

Apa aja sih, yang perlu disiapin untuk ikutan pound fit? Kamu cukup menyiapkan matras, handuk, dan air minum karena pasti kamu akan kehausan selama menjalani olah raga ini. Tapi ingat, minumnya jangan banyak-banyak ya, cukup sekedar basahin tenggorokan aja, hihi. Kalau untuk ripstick alias stik yang warna hijau neon itu sih, biasanya bisa dipinjamin sama coach-nya atau penyelenggara acara pound fit-nya. Usut punya usut, harga ripstick ini cukup mahal lho bisa ratusan ribu, karena emang stik ini khusus didesain untuk pound fit dan beratnya sangat spesifik yakni 0,45 kg.

cuma 500 kalori karena telat nyalain workout mode :)

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pound fit ini, antara lain:

1.    Melatih otot tubuh bagian tengah. Gerakan-gerakan pound fit memang banyak yang fokus di perut, pinggang, sampai paha. Mulai dari gerakan dan posisi squat, lunges, memutar, melompat, semuanya bikin otot-otot tubuh bekerja secara keseluruhan.

2.    Membakar lemak. Nah, buat kamu yang ingin mengurangi berat badan, pound fit juga bisa dijadikan pilihan. Pengalaman pribadiku ikutan pound fit kurang lebih dengan durasi satu jam lebih, bisa membakar 600an kalori. Lumayan banget, kan!

3. Meningkatkan fokus. Iniii bener banget! Pound fit bikin kamu konsentrasi untuk menyelaraskan antara  gerakan badan, gerakan atau tabuhan stik, dan musik yang jadi pengiringnya. Asli, salah satu manfaat pound fit bikin jadi anti lemot lemot club, wkwkw.

4.    Meningkatkan suasana hati. Iringan musik yang enerjik, dipadu dengan coach yang penuh semangat, bisa bikin kamu ikutan semangat, lho! Belum lagi kalo pas scream time alias coach-nya nyuruh kita teriak, wah itu jadi salah satu cara untuk stress release.

Meskipun punya banyak manfaat, ada orang-orang yang harus berhati-hati ketika ikut pound fit, ya. Sebagai salah satu olah raga yang termasuk high intensity interval training atau yang biasa kita sebut dengan HIIT, orang dengan penyakit asma, darah rendah, dan orang dengan masalah sendi perlu pertimbangan tertentu atau pengawasan dokter terlebih dahulu untuk mengikuti olah raga ini. Jangan sampai, maunya sehat, malah jadi sebaliknya karena nggak memahami kondisi tubuh sendiri.

Sebagai orang yang baru menikmati pound fit, aku merekomendasikan olah raga ini untuk kamu-kamu yang orangnya bosenan. Aku kalau ngikutin work out gitu, biasanya bosen. Tapi kalau pound fit, wah seru banget. Selain karena rame-rame sama temen, pound fit juga ada iringan musik (kayak senam, lol), dan banyak variasi gerakannya. Yang paling penting juga sih pound fit bisa bakar banyak kalori, ya, dalam waktu yang cukup singkat dibandingkan dengan olah raga lain. Gimana, tertarik nggak untuk nyobain pound fit? Oiya, buat kalian yang domisilinya di Pamulang atau Tangerang Selatan dan sekitarnya, bisa banget join Pound Fit bareng kitaaa, registrasi aja di Mau Ikut Pound Fit . Ngerasa belum yakin dan pengen nanya-nanya dulu? Bisaa, kepoin aja IG kita di @five5pound atau tanya-tanya dulu via dm. See you!




0 komentar:

Posting Komentar