Senin, 27 Februari 2023

[REVIEW] STAYCATION DI THE 101 BOGOR SURYAKANCANA

0

source: The 101 Bogor Suryakancana Hotel


Setelah beberapa postingan review skincare, rehat dulu yah, kali ini aku mau review salah satu hotel bintang 4 yang terletak di Kota Bogor. Jadi, awal Januari lalu, ada temen kantor yang nikahan di Bogor. Nah, mumpung lagi ada momennya nih, sekalian mau melepas penat dari menumpuknya kerjaan di akhir tahun kemarin, jadilah aku usul ke suami untuk staycation di Kota Bogor. Aku udah beberapa kali ke Puncak, jadi kali ini pengen nyobain aja nginep di kota-nya.

FYI ya, staycation itu bukan gaya liburanku, bukan juga gaya liburan suami. Kami lebih memprioritaskan destinasi ketika berlibur, jadi penginapan hanya jadi prioritas ke sekian alias nggak perlu hotel yang bagus-bagus banget, lah. Jadi kali ini adalah staycation pertama kami, hehehe. Aku udah semangat nyari-nyari referensi hotel sejak sebulan sebelumnya. Karena sudah ada anak, aku lebih pilih hotel yang sekiranya ramah anak, misal ada playground-nya, ada kolam renang untuk anak, atau fasilitas lainnya yang diperuntukkan buat bocah. Setelah mempertimbangkan satu dan lain hal, akhirnya pilihanku jatuh ke The 101 Bogor Suryakancana. Ada beberapa hal yang bikin aku pilih hotel ini:

1. Ukuran kamar yang luas dan cukup lengkap fasilitasnya (ada balkonnya juga)

2. Kolam renangnya cukup luas, dan ada kolam untuk anak juga

3. Pilihan menu sarapannya bervariasi dan enak-enak (hasil dari lihat review)

4. Letaknya yang strategis (dekat dengan tempat nikahan temen, dekat pusat jajanan/kuliner)

5. Harganya reasonable

Nah, apakah ekspektasi sesuai dengan realitanya? Kuy kita tengokin hotel ini..


THE ROOM

Kamar sesuai ekspektasi yaa, luasnya pas, interiornya juga nggak bikin kamar terkesan sempit. Kemudian untuk fasilitasnya juga lengkap, mulai dari coffee maker, kulkas, sampai hairdryer juga tersedia. Aku juga sreg sama shower-nya yang bisa dilepas-pasang (memudahkan untuk mandiin dan nyebokin anak ya, bun). Bagian yang paling kusuka juga adalah balkonnyaa. Asik banget duduk-duduk di balkon pas pagi hari, keliatan view gunung Salak. 





THE VIEW

Poin plus lagi dari hotel ini adalah pemandangan yang nampak dari balkonnya. Di pagi hari, kelihatan jelas Gunung Salak yang megah. Pemandangan malam hari juga nggak kalah cantik, karena tampak kelap-kelip lampu kota.





THE POOL

Kolamnya seperti yang aku bayangin sih. Kolam dewasa dan kolam anak-anak menurutku cukup besar ya. Waktu itu banyak juga yang berenang, tapi nggak terkesan sumpek dan masih bisa leluasa berenangnya. Kolam anak juga pas ketinggiannya. Anakku usia 2,5 tahun, tinggi air cuma se-dada dia, jadi bisa leluasa main (walau tetep harus dijagain ya). Coba aja airnya pakai air hangat, wah makin top banget deh, hihi.





THE BREAKFAST

Ini diaaa yang paling dinantikan. Penasaran banget pengen nyobain sarapannya yang banyak dibilang enak dan bervariasi. Jadi pagi hari udah bertekad nanti makannya nggak usah banyak-banyak, yang penting dicobain semua, hahaha, emak-emak nggak mau rugi emang.

Setelah sampai di resto, wah emang bener ragam menu sarapannya buanyak banget. Aku nyempatin untuk keliling-keliling dulu ngeliatin semua menu. Mulai dari sereal + susu + yoghurt, salad dan berbagai dressing-nya, menu indo (nasi + lauk + dkk), menu western, dessert (roti, kue, donat, puding, dll), sampai jajanan macam serabi dan teman-temannya. Aku sampai bingung mau makan yang mana dulu, wkwkwk. Endingnya nggak sampai nyobain semua sih, udah serasa mau meledak perutnya.








RAMAH ANAK?

Hotel ini memang nggak punya playground, ya.. Tapi menurutku The 101 tetap ramah anak. Kok bisa? Pertama, kolam anaknya cukup luas, jadi untuk anak-anak yang doyan berenang, ini sangat menyenangkan. Kedua, di sini bisa ngasih makan ikan koi yang gemuk-gemuk, wkwk. Kiya seneng banget ngasih makan ikan. Bisa langsung beli makanan ikan ke resepsionisnya, 10ribu aja, anak langsung happy. Ketiga, untuk anak yang lebih besar, bisa join cooking class, ternyataa! Next time kayaknya kalo Kiya udah SD yaa bisa ikutan cooking class-nya. Sebelum cooking class juga ada performance dari badut kura-kura di area kolam renang yang ngajak anak-anak untuk nyanyi dan nari bareng.



Overall, aku sangat menikmati staycation di The 101 Bogor Suryakancana ini. Walau letaknya di tengah kota, tapi aku tetep bisa dapet pemandangan yang memanjakan mata, terutama view gunung Salak-nya yang bisa dinikmati dari balkon kamar. Balkon kamar jadi salah satu favoritku, karena benar-benar relaxing duduk malem-malem di situ, sambil makan mie instan, sambil tertiup angin semilir. Soal makanan juga enak-enak, sesuai sama review-nya. Sore harinya suami beliin burger mini buat Kiya, dan surprisingly itu burger enak banget, lho! Kayaknya kalo ke sana lagi, aku mau beli burgernya yang banyak, hahaha. Para staf juga ramah-ramah, mulai dari resepsionis sampe OB sekalipun, bagus sekali manner-nya. Aku pilih kamar Deluxe Balcony termasuk breakfast, dengan harga Rp1,2 juta, menurutku sangat worth the price.


Oh iya, kalau ke hotel ini, jangan lupa wisata kuliner, karena banyak makanan berat maupun jajanan di jalan Suryakencana. Salah satu yang khas adalah soto kuning, tapi kemarin aku belum berkesempatan untuk nyicipin kuliner di sana, mungkin next time. Gimana, terinspirasi juga untuk nginap di sini?

0 komentar:

Posting Komentar