Jumat, 11 Juli 2014

Ini Tentang NIAT :)

2

Good morning, Good Friday :)

Hari ini hari Jumat jam 8 pagi. Aku lagi di kantor, kepikiran tentang suatu tema, dan yaaa akhirnya aku segera posting. Berhubung hari Jumat itu berarti hari santai, jadilah aku bisa nyantai posting ini itu. Hehehe.

Satu hal yang kepikiran dari tadi, sejak baru bangun tidur adalah tentang 'perubahan'. Perubahan yang aku maksud di sini tuh perubahan pribadi. Perubahan seseorang menuju level yang 'lebih' dari dirinya saat ini.

Perubahan seseorang tentulah nggak semudah Power Ranger yang cuma harus bilang "Berubah!!" buat ganti wujud. Perubahan seseorang melalui proses yang bisa panjang, bisa pendek, atau malah panjaaang sekali. Masalahnya, yang mau diubah nih biasanya hal-hal yang sifatnya udah jadi kebiasaan, pembawaan, karakter, pokoknya hal-hal yang memang butuh waktu untuk diubah.

Aku pernah cukup lama bertahan dengan seseorang untuk bisa melihatnya berubah. Aku nggak muluk-muluk pengen jadi alasan seseorang untuk berubah, atau bahkan menjadi pahlawan yang bisa bikin dia berubah. Simpel, aku hanya ingin jadi orang yang menyemangatinya untuk berubah, aku ingin melihatnya membaik bersamaku..

Ah malah curcol, hahahaha

Tapi nyatanya aku gagal. Bukan karena aku nggak sabar, bukan karena akunya yang nggak tahan. Tapi seseorang itu nggak pernah punya niat yang sungguh-sungguh untuk berubah.

Jadi, yang perlu digarisbawahi, di-stabilo, di-capslock dalam masalah perubahan ini adalah: NIAT

Yes, NIAT.

Perubahan itu butuh niat yang bahkan lebih keras dari baja. Aku percaya setiap orang bisa berubah, walau entah dalam waktu singkat atau lama. Tapi, semua tergantung di dirinya sendiri. Tergantung sama niat dalam dirinya. Kalau orang-orang di sekitarnya udah mendukung banget untuk perubahannya, tapi dalam dirinya nggak ada niat yang kuat untuk berubah, ya percuma. Alias nol besar.

Betapa pentingnya niat dalam proses perubahan. Nggak cukup niat itu harus lebih keras dari baja, tapi niat itu tentu aja mesti niat yang benar. Niat yang paling benar, menurutku sih niat karena Tuhan. Niat karena ingin menjadi pribadi yang lebih baik di mata Tuhan. Mau ke mana sih kita setelah semua yang kita jalani di dunia ini? Kembali ke Tuhan. Semuanya.

So, let's move up. Kalau hari esok harus lebih baik daripada hari ini masih terlalu sulit, boleh lah untuk awalan kita bikin progress bulanan dulu. Apa yang mau kita ubah dari diri kita, kebiasaan apa yang pengen kita mulai atau bahkan justru pengen kita hilangkan, kita ubah semuanya pelan-pelan. Jangan lupa, niatkan hanya untukNYA, bukan untuk siapa-siapa.

Koreksi diri lagi dan lagi. Lalu NIATkan untuk berubah jadi manusia yang lebih baik lagi. Semoga Tuhan meridhoi.. :)

2 komentar: