Sabtu, 27 Februari 2016

Book Review: Bumi by Tere Liye

0

pict taken from goodreads.com


Awal melihat novel ini di box best seller toko buku deket kosan, aku langsung tertarik. Tertarik karena cover nya yang bergambar telapak tangan? Tertarik dengan judulnya yang cuma satu kata "Bumi"? Tertarik karena pengarangnya yang Tere Liye (yang ini iya, sih)? Tapi, yang paling bikin tertarik pengen baca adalah setelah aku baca sinopsis di belakang bukunya.

........... Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang.

Aku orangnya memang suka berimajinasi. Lalu sekalinya tau Tere Liye punya buku fiksi fantasi begini, wah, nggak pakai pikir panjang deh, langsung beli! Di kepalaku langsung menerka-nerka nih. Tere Liye kan biasanya nulis buku yang kalem, penuh maknsa hidup nan filosofis gitu. Lah kalau nulis buku yang bergenre fantasi bakal kayak apa yaa?

Lewat buku ini, maka aku langsung nggak merasa salah menempatkan Tere Liye sebagai salah satu penulis favorit yang aku tunggu-tunggu karyanya! Tere Liye memang serba bisa.

Bumi adalah buku pertama dari serial "BUMI", jadi akan ada lanjutannya nih buku. Kisah diawali dengan penceritaan mengenai si Raib, tokoh utama dari buku ini. Raib adalah seorang gadis biasa berumur 15 tahun. Dia hidup bersama ayah dan ibunya, menjalani kehidupan yang normal layaknya remaja lain di usia serupa. Hanya ada satu yang berbeda, Raib punya kemampuan khusus. Menghilang!

Dalam buku "Bumi" ini, Tere Liye berkisah tentang petualangan Raib bersama teman-teman baiknya, Seli dan Ali. Dunia yang dikira sederhana, ternyata menyimpan kehidupan yang kompleks, berjalan secara bersamaan, namun tidak pernah bersinggungan. Ada Klan Bulan, Klan Bumi, Klan Matahari, dan Klan Bintang. Tidak ada yang menyadari itu semua, sampai seorang dari Klan Bulan melompati dimensi, menemui Raib di bumi. Setelah tahun-tahun berlalu, akhirnya Raib, Seli, dan Ali, mengetahui jati dirinya masing-masing. Masa lalu mulai terkuak, lalu pertempuran semakin tidak terelakkan!

Setelah membaca novel Rindu-nya Tere Liye yang selow abis, membaca novel Bumi ini, mataku seperti nggak mau lepas dari bukunya. Pengen baca teruuuus sampai tuntas. Novelnya seru banget! Di buku ini, masih dijumpai di beberapa part, gaya nulis khas dari Tere Liye yang kalem, sabar, runut, dan filosofis. Tapi sisanya, aku diajak berimajinasi, diajak bertualang ke tempat-tempat yang tidak terbayangkan. Aku diajak turut merasakan kecemasan para tokohnya, ketegangan dalam perang, dan mendalami karakter-karakter yang ada dalam buku ini. Rasanya amazing!

Aku bisa bilang bahwa, ini adalah sisi lain dari Tere Liye. Salah satu yang harus dibaca! :D

0 komentar:

Posting Komentar