Minggu, 09 Maret 2014

Menghadiahi Diri Sendiri

0

Mungkin kita nggak sadar kalau sudah banyak menuntut diri sendiri. Misalnya nih, menuntut mata untuk terjaga sampai larut malam karena esoknya ujian, menuntut badan bekerja ekstra karena pekerjaan yang lebih bejibun dari biasanya, atau bahkan yang kecil-kecil aja sih, misal membiasakan diri buat olahraga minimal setengah jam tiap hari. Gampangnya, ketika kita bikin suatu target, atau ada kepentingan tertentu, mau nggak mau, kita punya tuntutan sendiri ke diri kita untuk memenuhi target itu.

Setelahnya semua target itu tercapai? Lalu apa? Apa berhenti pada rasa puas? Kalau saya sih nggak, hehe.

Sejak kecil, saya nggak pernah dibiasain sama iming-iming hadiah (misal kalau dapet nilai 100, bakal dibeliin baju, dll). Paling-paling ya nanti, beberapa bulan kemudian, kadang kalau ada rejeki, dibeliin sesuatu, sebagai hadiah. Tapi yang perlu dicatat adalah, hadiah ini nggak diperjanjikan sejak awal. Sejak kecil saya lebih dikasih penjelasan mengapa ini penting, mengapa harus begini, atau mengapa hal itu harus dicapai. Hal itu bertahan sampai saat ini di pola pikir saya. Makin dewasa, ya masa bakal dikasi hadiah terus sama orangtua? Malu dong ya, jadinya saya berinisiatif untuk ngasi hadiah buat diri saya sendiri setiap berhasil melakukan pencapaian tertentu.

Hadiah ini nggak selalu berupa barang, nggak selalu hal yang besar. Waktu kuliah dulu, biasanya, tiap selesai ujian semester, kan penat banget tuh, pasti deh langsung ngerencanain liburan sama temen-temen setelah nerima KHS. Itu salah satu cara saya menghadiahi diri sendiri, setelah dua minggu menuntut mata dan badan terjaga lebih lama.

Misalnya lagi nih, selama seminggu kan badan capek disuruh kerja, akhir minggu kasih hadiah deh buat istirahat, atau merawat diri. Bisa juga cuma duduk-duduk di balkon, lihatin bintang, bersantai sejenak.

Menurut saya sih, hadiah buat diri sendiri itu penting. Menghargai pencapaian diri sendiri itu wajib. Reward di sini juga macem-macem, yang saya sebutin di atas tadi berupa refreshing, itu contohnya. Masih banyak bentuk reward yang lain.

Jadi, kalau memungkinkan, berilah reward sama jiwa raga yang kita ajak melakukan banyak hal ini... :)

0 komentar:

Posting Komentar